Kota Santri Ternyata Gak Cuma Jombang Loh! Berikut Daftar Kota Santri Tersebar di Seluruh Indonesia, Cari Kotamu

Kota Santri Ternyata Gak Cuma Jombang Loh! Berikut Daftar Kota Santri Tersebar di Seluruh Indonesia, Cari Kotamu

Asal-Usul Kabupaten Jombang Jawa Timur dan Begini Sejarah Terbentuknya Jombang! Ada Peranan Keboh Kicak dn Hal Mistis Lainnnya Termasuk Bagian MAJAPAHIT-mufidpwt/pixabay-

Daftar Nama Kota Santri di Indonesia:

Jombang

Semua pasti tau yang pertama mendapatkan julukan sebagai Kota Santri? Ya, Jombang sebuah kabupaten yang ada di Jawa Timur. Jombang, memang memiliki banyak pesantren yang tersebar di sejumlah wilayah di dalamnya.

Seperti yang banyak diketahui adalah Pesantren Tebu Ireng, sebagai sebuah tonggak penting untuk sejaran Nahdlatul Ulama di Indonesia. Adapun pesantren lainnya yang berdiri di Jombang seperti, Darul Ulum Peterongan, Denanyar, Tambak Beras, dan masih banyak lagi.



Baca juga: Bukan Batu Malang, Ternyata Kota Terdingin di Indonesia Itu Disini Toh? Mirip Suasana Luar Negeri, Sayang Banget Kalau Kelewatan

Baca juga: 6 Asal Usul Nama Kabupaten dan Kota di Sumatera Utara Ini Menarik Disimak, Binjai Ternyata Punya Nama Asli Ini!

Baca juga: 5 Nama Kabupaten dan Kota di Jawa Barat Ini Berasal dari Singkatan, Ciamis dan Tasikmalaya Kepanjangannya Apa?

Kediri



×

Selainjutnya yakni kota Kediri yang juga menjadi salah satu daftar dari kota yang memiliki pesantren terbaik di Jawa Timur. Daftar Pesantren Kediri yang banyak dikenal adlah seperti Kwagean, Lirboyo, hingga Alfalah Ploso.

Ponorogo

Selanjutnya banyak juga pesantren yang di wilayah Ponorogo, seperti yang terkenal adalah di Gontor, yang terdiri dari Gontor pusat, Gontor 2, dan Universitas Gontor.

Banyak juga pesantren yang dinaungi oleh Pondok Gontor, seperti Pesantren Muqaddasah, Pesantren Khusus Putri Al Mawaddah, Al Khair Jenangan, Wali Songo Ngabar, dan lainnya.

Pasuruan

Salah satu pesantren yang berdiri di Pasuruan, terkenal berdiri sejak tahun 1745 silam seperti Pondok Pesantren Sidogiri.

Situbondo

Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo adalah salah satu pesantren yang paling berpengarih, di Indonesia. Pesantren yang berdiri di Situbondo ini, telah dinaggap sebagai pesantren pertama yang memperkenalkan pembelajaran klasikal semacam Madrasah.

Jember

  • Pesantren Al Qodiri

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm