Bagaimana Asal Mula Terbentuknya Kota Banyuwangi? Berikut 13 Asal Usul Singkatan Nama Kabupaten dan Kota di Jawa Timur, Kota Anda Termasuk Gak Nih?

Bagaimana Asal Mula Terbentuknya Kota Banyuwangi? Berikut 13 Asal Usul Singkatan Nama Kabupaten dan Kota di Jawa Timur, Kota Anda Termasuk Gak Nih?

SUNYI! Inilah 4 Wilayah Tersepi di Maluku yang Bikin Tentram, Surganya Bawah Laut Hingga Dikenal Mancanegara!-biraratulmardziyah/pixabay-

8. Batu
Kota paling dingin di Jawa Timur ini namanya berasal dari seorang tokoh agama pengikut Pangeran Diponegoro bernama Abu Ghonaim atau dikenal Kyai Gubug Angin. Saat dirinya menjadi pemimpin di sebuah wilayah di lereng Gunung Panderman, dirinya dikenal sebagai Mbah Wastu. Kebiasaan masyarakat Jawa untuk menyingkat nama itu kemudian memunculkan istilah 'Mbah Tu' hingga menjadi nama daerah 'Batu'.

9. Gresik
Kabupaten Gresik ternyata merupakan salah satu nama daerah di Jawa Timur yang berasal dari singkatan.Menurut Raffles, nama Gresik berasal dari kata 'giri gisik' yang artinya gunung di pinggir pantai. Istilah itu kemudian disingkat untuk menamai daerah menjadi 'Gresik'.



10. Bangkalan
Ternyata asal usul nama Bangkalan berasal dari kisah tewasnya pemberontak sakti bernama Ki Lesap. Tewasnya Ki Lesap di wilayah Madura sebelah barat itu membuat Brawijaya V mengucapkan kalimat 'bengkah la'an'. Istilah tersebut berarti 'mati sudah' yang kemudian disingkat menjadi 'Bangkalan' untuk dijadikan nama daerah.

11. Sampang

Di Pulau Madura, Jawa Timur ada Kabupaten Sampang yang namanya berasal dari singkatan sebuah istilah. Dahulu kala ada sosok bernama Joko Tole yang mengunjungi tempat-tempat keramat di Pulau Madura. Namun ternyata banyak daerah yang dilewati, sehingga masyarakat mengucapkan kaya 'e'esempangeh' ke Joko Tole.



×

Dari istilah tersebut kemudian dipersingkat dengan sebutan 'Sampang' untuk menjadi nama daerah.
Dari dua istilah 'ijo' dan 'abang' itu kemudian disebut Jombang dan digunakan menjadi nama daerah.

12. Sumenep
Kabupaten Sumenep di Pulau Madura, Jawa Timur juga merupakan singkatan dari dua kata. 'Sung' dan 'Eneb' merupakan dua kata yang dipersingkat menjadi 'Sumenep'.Kata 'sung' artinya lembah dan 'eneb' artinya endapan. Kedua istilah itu merujuk pada kondisi tanah di Sumenep yang berupa lembah dan endapan air laut.

13. Jombang
Kabupaten di Jawa Timur lainnya yang namanya berasal dari singkatan ialah Jombang. Konon dahulu kala saat Majapahit mulai redup, muncul banyak pemberontakan dan peperangan.Salah satu peperangan yang menjadi legenda, yakni antara Kebo Kicak dan Surontanu. Adu kesaktian keduanya sampai memunculkan cahaya hijau (ijo) dan merah (abang). ***

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm