Ada Kata Terlupakan dari Nama Malang yang Berubah Ketika Kerajaan ini Datang, Orang Jawa Timur Harus Tau!

Ada Kata Terlupakan dari Nama Malang yang Berubah Ketika Kerajaan ini Datang, Orang Jawa Timur Harus Tau!

Ilustrasi kota Malang-@cobanrondomalang/instagram-

Asal Usul Nama Malang

Cerita bermula dari Raja Mataram, Sulthan Agung yang hidup 1600 tahun yang lalu. Sebagai sulthan yang sangat hebat, Sulthan Agung ingin menaklukan seluruh pulau Jawa dalam satu kekuasaan Kerajaan Mataram.

Taktik yang dilakukan oleh Sulthan Agung adalah dengan tidak langsung menyerang Surabaya, sebagai pusat dari Jawa Timur, namun dengan menaklukan kota-kota di sekeliling Surabaya termasuk Malang.



Maka, Sulthan Agung mengutus 8000 pasukannya yang disebar dalam 3 kelompok, kelompok Jalur Lingkar Selatan, Pantura, dan jalur tengah yang dipimpin oleh Tumenggung Alap-alap. Tumenggung Alap-alap, yang memimpin jakur tengah melewati daerah Ngantang, merasa kesulitan dalam menempuh jalur tersebut.

Ia harus menempuh pegunungan yang terbentang dari Utara ke Selatan, menghadapi 5 gunung (Gunung Penangguhan, Gunung Arjuno, Gunung Anjasmoro, Gunung Kawi, dan Gunung Kelud), serta melewati 2 sungai besar, yaitu Sungai Metro dan Sungai Brantas.

Baca juga: Rossa Keheranan Melihat Peserta yang Tergila-Gila dengan Anang Beserta 11 Nama Juri Indonesian Idol Season 12 dan Jadwal Tayangnya di RCTI



×

Baca juga: Harga Tiket dan Cara Beli Tiket Konser EXO SC: Back to Back FANCON in Jakarta, 4 Februari 2023, Lengkap ada VIP, Platinum hingga CAT Cuma Mulai Rp 1 Jutaan Saja

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm