Proses Pencairan Dana KIP Kuliah 2023 Berapa Lama? Berapa Hari Waktu Tunggu Pencairan KIP Kuliah dari Bank?

Proses Pencairan Dana KIP Kuliah 2023 Berapa Lama? Berapa Hari Waktu Tunggu Pencairan KIP Kuliah dari Bank?

Begini Cara Cairkan Jaminan Hari Tua di BPJS Ketenagakerjaan, Beserta Syarat dan Dokumen Apa Saja yang Perlu Disiapkan-PIXABAY-

Kapan Dana KIP Kuliah Cair? dan Berapa Lama Waktu Pencairan Dana KIP Kuliah?

Sementara itu, diketahui Sitnas.id dari berbagai sumbe, sebelum bank mencairkan dana KIPK, pihak Perguruan Tinggi harus mengirimkan Surat Keputusan (SK) yang berkaitan dengan daftar calon penerima KIPK dan dokumen pendukung lainnya.

Setelah tahap data pada awal tersebut telah lengkap, maka pihak Pelaksana Program Pengelolaan Keuangan dan Pelaporan (PLPP) Kemendikbud melakukan proses Surat Permintaan Pembayaran (SPP), Surat Perintah Membayar (SPM), dan hal ini memakan waktu selama 1-2 minggu.



Baca juga: Gratis Super Besar! Promo KFC Hari ini Rabu 8 Maret 2023, Makan Nikmat Tanpa Keluar Uang Banyak, Setiap Pembelian Drive Thru!

Baca juga: Jangan Sepelekan Gejala Penyakit Leptospirosis, Cek Cara Mencegah dan Penangan Pertama yang Harus Dilakukan, Makin Merebak

Selanjutnya, dalam kurun waktu maksimal satu hari kerja, pihak Kementerian Keuangan (KPPN) akan menerbitkan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) dan melakukan transfer ke rekening penampungan Satuan Kerja Pelaksana Program Pengelolaan Keuangan dan Pelaporan Kemendikbud (Satker PLPP Kemdikbud).



×

Kemudian pihak bank penyalur melakukan proses transfer dana (1-2 hari kerja) atas perintah dari PLP Kemendikbud.

Setelah itu, pihak bank akan melakukan transfer dana ke rekening penerima.

Proses pencairan dana KIPK yang dimulai dari tahapan KPPN hingga dana tersalurkan dapat memakan waktu sekitar 30 hari kalender.

Baca juga: Cara Pinjam Tiga KUR Bank BRI Bunga 6 Persen di Awal Tahun 2023, Mudah dan Cepat

Baca juga: Daftar Nama Pemilik KTP yang Dapat Rp 50 Juta KUR BRI 2023 Tanpa Jaminan, Cek Syarat Ajukan Pinjaman hingga Tabel Angsuran TANPA JAMINAN!

Baca juga: Pembukaan KUR Mandiri 2023 Sudah Dibuka? Persyaratan Ajukan Pinjaman dan Dokumen Apa Saja yang Disiapkan, Cek Selengkapnya Disini

Dalam hal ini, ditambah dengan proses administrasi dari Perguruan Tinggi dan Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Puslatdik) yang memakan waktu sekitar 1-2 minggu, maka total estimasi pencairan dana tersebut adalah sekitar 44 hari.

Demikianlah informasi terkait dengan estimasi waktu pencairan dana KIPK bagi para penerima beasiswa.***

 

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm