Kota Serabi Masuk Daerah Terkecil di Indonesia? Simak Deretan 5 Kota Terkecil di Jawa Barat, Nggak Ada Seperempatnya Jaksel

Kota Serabi Masuk Daerah Terkecil di Indonesia? Simak Deretan 5 Kota Terkecil di Jawa Barat, Nggak Ada Seperempatnya Jaksel

Kota Serabi Masuk Deretan 5 Kota Terkecil di Jawa Barat, Nggak Ada Seperempatnya Jaksel-garutngahiji/instagram-

Inilah Kota dengan Wilayah Terkecil di Jawa Barat

  1. Cirebon

Kota pesisir utara Pulau Jawa ini menempati urutan pertama dengan luas wilayah hanya 37,36 kilometer persegi saja. Luas Cirebon bahkan tidak sampai seperempatnya Kota Jakarta Selatan, yang memiliki luas wilayah 154,3 kilometer persegi.

Kota Cirebon dibatasi oleh Sungai Kedung Pane di utara, Sungai Banjir Kanal di barat, Sungai Kalijaga di selatan, dan Laut Jawa di timur. Jumlah penduduknya adalah 343.497 jiwa, membuat Cirebon juga menjadi salah satu kota terpadat di Jawa Barat dengan kepadatan penduduk mencapai 9.194 jiwa per kilometer persegi.

  1. Cimahi


Runner up kota terkecil di Jawa Barat, ditempati oleh Kota Cimahi dengan luas daerah hanya 40,47 kilometer persegi. Berada di tengah-tengah Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Bandung, menjadikan Cimahi masuk dalam kawasan Bandung Raya.

Kota Cimahi merupakan pemekaran dari Kabupaten Bandung dan memiliki 3 kecamatan serta 15 kelurahan.

  1. Sukabumi

Kota Sukabumi merupakan enklave dari Kabupaten Sukabumi. Dengan luas wilayah hanya sebesar 48,33 kilometer persegi, Kota Sukabumi dihuni oleh 353.455 jiwa. Luasnya bahkan masih lebih kecil jika dibandingkan dengan Jakarta Pusat, kota terkecil di Provinsi DKI Jakarta yang memiliki luas 52.38 kilometer persegi.



×

Baca juga: 3 Daerah Paling Dingin di Jawa Tengah hingga Kerap Hujan Salju, omor 2 Pasti Tidak Asing, Hayo Mana? Bisa Tebak?

Baca juga: Kota Paling Sempit di Sumatera Utara Bukan Padangsidimpuan, Inilah 8 Daerah Terkecil di Sumut

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm