Momen Menarik Selama Festival Musik Laras Hati Mangkunegaran 12 Maret 2023 di Solo, Hari Jadi Pura Mangkunegaran ke 266

Momen Menarik Selama Festival Musik Laras Hati Mangkunegaran 12 Maret 2023 di Solo, Hari Jadi Pura Mangkunegaran ke 266

Ribuan Penonton Rayakan Momen Menarik Festival Musik Laras Hati Mangkunegaran 12 Maret 2023 di Solo, Hari Jadi Pura Mangkunegaran ke 266 -katadataevent/instagram-

Momen Menarik di Festival Musik Laras Hati Mangkunegaran

Festival Kuliner Dibuka oleh Pemimpin Pura Mangkunegaran

Pemimpin Pura Mangkunegaran, Sri Paduka Mangkoenagoro X resmi membuka festival kuliner yang menjadi bagian dari rangkaian acara Adeging Pura Mangkunegaran. Tahun ini Pura Mangkunegaran berusia 266 tahun.



Sri Paduka Mangkoenagoro X mengatakan, musik dan kuliner dipilih karena sifatnya yang universal. Pura Mangkunegaran menjadikan kedua hal itu sebagai perangkat komunikasi dan interaksi dengan masyarakat luas.

Festival Musik dan Kuliner Laras Hati Mangkunegaran juga digelar untuk meningkatkan pengetahuan dan penerimaan masyarakat secara luas pada Pura Mangkunegaran. Festival kuliner menjadi pembuka perhelatan akbar Festival Musik dan Kuliner Laras Hati Mangkunegaran yang berlangsung selama dua hari, 11-12 Maret 2023, di Pamedan Pura Mangkunegaran.

Ada 10 menu favorit keluarga Mangkunegaran yang ikut disajikan di Festival Kuliner, di antaranya sate kere Yu Marni, nasi liwet Bu Par, es dawet Bu Dermi, dan nasi langgi Mak Nyus. Selain itu, ada lebih dari 60 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ikut meramaikan festival kuliner yang berlangsung sejak 11 Maret 2023 dengan menu makanan andalan mereka.



×

Festival Musik dan Kuliner Laras Hati Mangkunegaran untuk Menjaga Kebudayaan

Dalam catatan sejarah, wilayah Pura Mangkunegaran dulu mencakup beberapa daerah yang kini termasuk bagian wilayah Jawa Tengah. Dulu, wilayah itu dikenal sebagai Kedaung, Matesih, Honggobayan, Sembuyan, Gunungkidul, Pajang sebelah utara, dan Kedu.

Pemimpin pertama Pura Mangkunegaran, Sri Paduka KGPAA Mangkoenagoro I, membangun istana kerajaannya pada Maret 1757. Sebagai salah satu aset dan penjaga kebudayaan, Pura Mangkunegaran terus berusaha menjaga relevansi sesuai perkembangan zaman. Festival Musik dan Kuliner Laras Hati Mangkunegaran merupakan bentuk pemajuan budaya yang menjangkau masyarakat luas dan dikemas sesuai kondisi masa kini.

Baca juga: Trending di Twitter Teror Suporter Bola Ancam Lempari Batu Saat Konser BLACKPINK di Jakarta Hari ini: Teror Aja Panggungnya

Baca juga: Konser Suga BTS di Indonesia Jadi yang Terbesar Seasia Tenggara? Simak 5 Fakta Menarik ICE BSD Tempat Konser Suga BTS

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm