Tes Calistung Masuk SD Perlu Dihindari Kenapa? Benarkah Bukan Pembelajaran Tepat bagi Anak PAUD?

Tes Calistung Masuk SD Perlu Dihindari Kenapa? Benarkah Bukan Pembelajaran Tepat bagi Anak PAUD?

Tes Calistung Masuk SD Perlu Dihindari Kenapa? Benarkah Bukan Pembelajaran Tepat bagi Anak PAUD?-kreatikar/pixabay-

Calistung Bukan Pembelajaran Tepat bagi Anak PAUD

Pernyataannya menyiratkan bahwa pendidik di pendidikan anak usia dini (PAUD) tidak diwajibkan untuk mengajarkan calistung kepada muridnya, sebaliknya, tugas tersebut merupakan tanggung jawab para pendidik di Sekolah Dasar (SD).

Namun, yang lebih membuatnya prihatin adalah permintaan untuk mengajarkan calistung yang tidak sesuai dengan tahap perkembangan anak.



Pada mulanya, seorang anak merasa senang dan bangga saat berhasil menguasai calistung dan merasa lebih cerdas dari teman-temannya.

Baca juga: Sinopsis Serial India Anupamaa 31 Maret 2023: Paritosh Tiba-Tiba Hadir di Upacara Sagun Bikin Anuj Kaget

Baca juga: Simak Contoh Soal Akademik Bahasa Inggris Polri Beserta Jawabannya, Cek Tes CAT Polri Bintara Sebagai Bahan Latihan



×

Baca juga: Nonton Download Balik Taya (2023) Film Semi Filipina Dibintangi Angeli Khang Sub Indo No Sensor Penuh Gairah di Vivamax Bukan Bioskopkerenin Dilarang Nonton Pas Puasa

Namun, ketika penguasaan calistung dipaksakan dengan terburu-buru, kemampuan sosial dan emosional anak terabaikan dan diabaikan, yang pada akhirnya jauh lebih penting daripada keberhasilan akademik semata.

"Tapi sebenarnya, penguasaan kompetensi calistungnya kurang utuh, anak kehilangan minat belajar dan anak kehilangan waktu buat mempelajari banyak keterampilan sosial emosional yang penting," ujar Bukik Setiawan, dilansir Sitnas.id dari Detik.com pada Jumat, 31 Maret 2023.

Bukik menyampaikan tiga cara proses belajar yang menyenangkan bagi siswa PAUD, cek pada halaman berikutnya, dilansir Detik.com

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm