Pengamat Pendidikan Sebut Tes Calistung Masuk SD Indikator Sekolah Monster? Begini Penjelasannya

Pengamat Pendidikan Sebut Tes Calistung Masuk SD Indikator Sekolah Monster? Begini Penjelasannya

Pengamat Pendidikan Sebut Tes Calistung Masuk SD Indikator Sekolah Monster? Begini Penjelasannya-jufriderwotubun / 45 images/pixabay-

Cara Belajar yang Baik untuk Anak PAUD

1. Belajar Melalui Aktivitas Bermain

Bermain adalah suatu aktivitas yang dilakukan oleh seseorang karena kecintaan atau ketertarikan yang dimilikinya, tidak semata-mata dilakukan untuk mencapai suatu target atau tujuan tertentu.

Menurut pandangan Bukik, kegiatan bermain juga bisa menjadi suatu cara yang efektif untuk memperkuat proses belajar pada anak-anak, karena dapat merangsang kemauan belajar yang berasal dari dalam diri anak itu sendiri.



Dengan demikian, pendekatan pembelajaran yang menekankan pada kegiatan bermain dapat menjadi suatu alternatif yang menarik dan efektif dalam mengembangkan potensi belajar pada anak-anak.

"Aktivitas bermain dapat memfasilitasi proses belajar dan tumbuh kembang anak pada sejumlah aspek sekaligus," ujarnya.

2. Belajar sesuai Tahap Perkembangan Murid

Pengetahuan dalam menulis tentunya patut diajarkan pada tahap Sekolah Dasar. Namun, untuk memungkinkan anak untuk bisa menulis dengan baik, diperlukan kemampuan motorik yang terampil.



×

Menurut Bukik, kegiatan yang menekankan penguatan kemampuan motorik di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dapat memberikan landasan yang kuat bagi anak dalam menguasai keterampilan membaca dan menulis.

"Penting bagi guru memahami kompetensi awal murid sebelum menentukan tujuan pembelajaran," ujar bukik lebih lanjut.

Cek kelanjutan ada pada halaman berikutnya,

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm