Proyek Pembuatan Pelabuhan di Kota Batam Ini Telan Sekitar Rp 185 Trilliun, Bakal Jadi Infrastruktur Terbaik Indonesia?

Proyek Pembuatan Pelabuhan di Kota Batam Ini Telan Sekitar Rp 185 Trilliun, Bakal Jadi Infrastruktur Terbaik Indonesia?

pelabuhan-ricardo-gomez/unplash-

Informasi dari sumber menyebutkan bahwa pelabuhan internasional ini akan dibangun di atas lahan seluas 94 hektare yang dimiliki oleh PT Persero.

Selain itu, ada juga rencana reklamasi dengan luas 236 hektare yang akan digunakan untuk pembangunan pelabuhan tersebut.



Dalam upaya untuk meningkatkan kemajuan sektor maritim dan investasi, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi telah merencanakan pembangunan pelabuhan bongkar muat terbesar di Kota Batam, Kepulauan Riau.

Pelabuhan Internasional Batam, yang dijuluki sebagai yang terbesar di Indonesia, akan mengusung konsep Green Smart Seaport, mengedepankan aspek ramah lingkungan dan teknologi canggih.

Kawasan Tanjung Pinggir Kota Batam, Kepulauan Riau, telah ditetapkan sebagai lokasi strategis untuk pembangunan pelabuhan ini, yang dijadwalkan dimulai pada tahun 2022 lalu dan diharapkan selesai sebelum tahun 2024.



×

Hal ini diharapkan dapat mengurangi biaya aktivitas bongkar muat hingga 13%, membawa manfaat efisiensi waktu dan biaya bagi industri internasional.

Baca juga: Bukan Surabaya! Kabupaten Kecil Seluas 1,081 Km Ini Berhasil Bangun Bandara Terbesar se-Asia Pasifik, Bisa Tebak Dimana?

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm