Rahasia Kemegahan Kapal Pesiar Buatan Kalimantan Timur Ini, Jadi Termahal se-Asia Tenggara Habiskan Dana 98 Milliar

Rahasia Kemegahan Kapal Pesiar Buatan Kalimantan Timur Ini, Jadi Termahal se-Asia Tenggara Habiskan Dana 98 Milliar

kapal pesiar-julia-volk/pexels-

Proyek pembuatan kapal pesiar ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kalimantan Timur, terutama karena kapal buatan anak bangsa ini berhasil mencatat rekor sebagai kapal SWATH pertama di Asia Tenggara.

SWATH, yang merupakan singkatan dari "Small Waterplane Area Twin Hull," adalah jenis kapal dengan dua lambung meruncing di bawah air.



Desain ini memberikan kestabilan dan kenyamanan saat berlayar di perairan yang bergelombang, namun juga membuat konstruksi dan biaya perawatan menjadi lebih mahal daripada kapal konvensional.

Proyek pembuatan kapal ini melibatkan 150 tenaga kerja dari Kalimantan Timur dan didanai oleh seorang pengusaha dari Malaysia sebesar 28 miliar Rupiah.

Kalimantan Timur berhasil menjadi salah satu wilayah yang menginvestasikan dananya pada salah satu pembuatan kapal pesiar terbaik. 



×

Salah satu contohnya adalah pembuatan kapal pesiar yang akan membawa penumpang berlibur ke gugusan kepulauan indah Kaltim seperti Kepulauan Derawan.

Kapal ini kemudian dijual ke Maladewa dengan harga sekitar 98 miliar Rupiah, sekitar tiga kali lipat dari biaya pembuatannya.

Kapal pesiar ini adalah hasil dari usaha keras Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor, yang berjuang agar pembuatan kapal ini bisa dilakukan di bantaran Sungai Mahakam.

Baca juga: Tegal Diajak Kongkalikong dengan Kota Batik Pekalongan untuk Rampas Ibukota Jawa Tengah dari Semarang, Ternyata Mala Masuk Kota Termiskin se-Jateng!

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm