Siapakah Istri Muller? Asal Usul Keturunan Tentara KNIL yang Mengajukan Gugatan Lahan di Dago Elos dan Konsekuensi Pengusiran 330 KK di Bandung

Siapakah Istri Muller? Asal Usul Keturunan Tentara KNIL yang Mengajukan Gugatan Lahan di Dago Elos dan Konsekuensi Pengusiran 330 KK di Bandung

Ilustrasi-Pexels/pixabay-

Pengadilan Negeri Kota Bandung pun mengeluarkan putusan tegas dalam Nomor 454/PDT.G/2016/PN.Bdg, yang secara eksplisit menetapkan keabsahan klaim dan menguak asal-usul lahan tersebut.

Berkali-kali upaya banding dilakukan oleh warga Dago Elos, dengan dukungan dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bandung.



Namun, langkah ini terbukti sia-sia setelah Pengadilan Tinggi Bandung mengeluarkan putusan Nomor 570/PDT/2017/PT.BDG tertanggal 5 Februari 2018 yang menolak banding tersebut.

Namun, nafas lega menghampiri warga pada 29 Oktober 2019 ketika Mahkamah Agung mengabulkan permohonan kasasi warga Dago Elos, mengubah arah keputusan pengadilan sebelumnya.

Namun, harapan untuk memiliki sertifikat kepemilikan tanah sejak 21 Januari 2021 di Kantor Agraria dan Pertanahan (ATR/BPN) Kota Bandung, terhenti secara mendadak.



×

Baca juga: Simak Fakta Menarik Mengenai 5 Wilayah Dengan Tingkat Pengangguran Tertinggi di Sumatera Utara, Termasuk Kota Medan Pula!

Semua berubah ketika Mahkamah Agung mengeluarkan surat Peninjauan Kembali (PK) yang mengubah sepenuhnya hasil kasus ini.

Keputusan ini memicu ketegangan baru antara warga Dago Elos dan aparat kepolisian pada Senin malam, 14 Agustus 2023.

Sekarang, sorotan publik tertuju pada sosok Famili Muller sebagai pihak yang menggugat lahan Dago Elos dan secara tak langsung 'mengusir' lebih dari 330 kepala keluarga di Bandung Utara.

Inilah profil Famili Muller yang lengkap dengan silsilah yang meliputi lima generasi turunan dari Georgius Hendrikus Muller, sang prajurit KNIL.

simak profil Muller berikut ini!

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm