IKN GAGAL? Sulawesi Tengah Punya Rencana Bangun Terusan Buat Saingin Suez dengan Dana Sebesar 1,9 Triliun Panjangnya Mencapai

IKN GAGAL? Sulawesi Tengah Punya Rencana Bangun Terusan Buat Saingin Suez dengan Dana Sebesar 1,9 Triliun Panjangnya Mencapai

sulawesi-Nordseher/pixabay-

Proyek yang dinamakan Terusan Khatulistiwa ini sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Sulawesi Tengah Tahun 2021-2026.

Lokasi yang dipilih untuk pembangunan terusan ini adalah Desa Tambu, Kabupaten Donggala, dan Desa Kasimbar, Kabupaten Parigi Moutong.



Gagasan pembangunan terusan ini awalnya muncul dari mantan Gubernur Gorontalo, Fadel Muhammad, pada tahun 2008.

Baca juga: Sidoarjo Pusatnya Tempat Makan Bukber, Restonya yang Luas dan Aneka Ragam Hidangan Jadi Unggulan Utamanya

Namun, proyek ini tertunda cukup lama karena tidak menjadi prioritas dari pemerintah pusat.



×

Namun, dengan pindahnya IKN ke Kalimantan Timur, proyek ini berpotensi untuk direalisasikan.

Diharapkan, dengan adanya Terusan Khatulistiwa, akan tercipta pintu masuk baru yang memudahkan akses menuju IKN serta meningkatkan konektivitas antarwilayah di Indonesia.

Baca juga: Siapa Istri Ketiga Presiden yang Namanya Dijadikan Nama Bandara di Bengkulu? Benarkah Sudah Disetujui Kemnhub?

Terusan ini direncanakan akan menggunakan sistem dan teknologi modern sehingga tidak kalah dengan Terusan Suez di Mesir dalam hal efisiensi dan kehandalan.

Dengan semua potensi dan manfaat yang diusungnya, pembangunan Terusan Khatulistiwa di Sulawesi Tengah bukan hanya sekadar proyek infrastruktur, tetapi juga merupakan langkah strategis untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan konektivitas nasional.***

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm