Filosofi Nama Kabupaten di Jawa Tengah Ini Ternyata Punya Cerita Menarik, Simak 5 Kabupaten di Jateng dan Sejarah Namanya

Filosofi Nama Kabupaten di Jawa Tengah Ini Ternyata Punya Cerita Menarik,  Simak 5 Kabupaten di Jateng dan Sejarah Namanya

Peta Jawa Tengah-wikipedia/google-

 

Terdapat 10 nama kabupaten di Jawa Tengah ini ternyata sejumlah daerah atau kabupaten dengan singkatan mereka masing-masing. Simak 15 daftar nama kota di Jawa Tengah yang berasal dari singkatan seperti sejumlah singkatan yang ada di berbagai sumber. 

Nama dan kota di Kabupaten di Jawa Tengah berikut yang berasal dari singkatan disertai dengan kepanjangan dan arti dari masing-masing. Berdasarkan sejumlah sumber menjelaskan tentang penjelasan dengan singkatannya masing-masing. 



1. Kabupaten Cilacap 

Cilacap menjadi salah satu kabupaten yang berbatasan dengan kabupaten Pangandaran (Jawa Barat) dan juga berbatasan dengan sejumlah daerah lainnya seperti Kabupaten Brebes, Kabupaten Banyumas Utara, Kabupaten Kebumen, Ciamis dan Kota Banjar. 

Kemudian, sejumlah penelitian juga menuliskan dari linguistik.fib.ui.ac.id, menyebutkan bahwa Cilacap berasal dari kata ci dan lacap. Kata ci yang berarti air kemudian lacap yang diartikan sebagai tanah yang menjorok ke laut. 



×

Karena hal itu, lokasi Cilacap ini berasal dari daerah Jawa Barat yang berbahasa Sunda dana Jawa Tengah yang mana akan perpaduan dari kedua bahasa tersebut.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm