Filosofi Nama Kabupaten di Jawa Tengah Ini Ternyata Punya Cerita Menarik, Simak 5 Kabupaten di Jateng dan Sejarah Namanya

Filosofi Nama Kabupaten di Jawa Tengah Ini Ternyata Punya Cerita Menarik,  Simak 5 Kabupaten di Jateng dan Sejarah Namanya

Peta Jawa Tengah-wikipedia/google-

2. Kabupaten Banyumas 

Beberapa cerita rakyat menjelaskan bahwa ada seorang pria datang ke kdaerah Selarong. Namun beberapa masyarakat menganggap tingkah laki-laki tersebut mencurigakan sehingga ia dimasukkan ke penjara oleh prajurit praja daerah itu. 



Saat itu, awal tebal dari langit kemudian karena hujannya turun mendapati banyak masyarakat yang senang dan hal ini tentu membuat warga turun dan menikmati hujan. 

Kemudian, masyarakat memanggil nama banyu..banyu..dan kemudian berseru emas...emas... dengan suara yang saling bersahutan hingga terbentuklah kata banyumas. 

3. Kabupaten Purbalingga 



×

Beberapa ceriat menjelaskan bahwa seorang pemimpin kota bernama Kyai Arsayuda yang dipercaya menurunkan para bupati Purbalingga. Kyai Arsayuda sendiri adalah anak Kyai Arsantaka. Nama Purbalingga yang berasal dari dua suku kata bahasa Sansekerta yakni purba dan lingga. Purba yang artinya pemimpin dan lingga artinya lambang kekuasaan. 

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm