Daftar 10 Negara Terbersih di Dunia, Jerman Bukan Teratas, Kapan Indonesia Bisa Masuk?

Daftar 10 Negara Terbersih di Dunia, Jerman Bukan Teratas, Kapan Indonesia Bisa Masuk?

Denmark Copenhagen--

  1. Finlandia

Menempati peringkat pertama di dunia untuk Kesehatan Lingkungan (99,3) dan Kualitas Udara (98,8), serta mencapai skor sempurna 100 untuk Sanitasi & Air Minum dan Paparan Logam Berat, Finlandia mencatat prestasi yang luar biasa.

Sebanyak 35 persen energi yang digunakan oleh Finlandia berasal dari sumber energi terbarukan, serta mengutamakan konservasi hutan dan satwa liar.

  1. Swedia



Skor EPI Swedia adalah 78,7, menjadikannya salah satu negara dengan tingkat keberlanjutan tertinggi di dunia. Emisi karbon dioksidanya yang rendah membuatnya menjadi salah satu negara dengan udara terbersih kedua di dunia.

Swedia juga sangat peduli terhadap alam dan telah meningkatkan penghijauan di seluruh negeri. Akibatnya, ribuan hektar hutan Swedia berada dalam tahap pelestarian.

  1. Norwegia

Skor EPI Norwegia sebesar 77,7 membuatnya menjadi negara kesembilan terbersih di dunia. Norwegia menunjukkan skor 100 sempurna untuk Sanitasi dan Air Minum, serta skor kualitas udara 97,9 yang tertinggi kelima secara global.



×

Negara ini juga menduduki peringkat kedua di dunia untuk Kesehatan Lingkungan. Listrik Norwegia 97 persen berasal dari energi terbarukan. Pada akhir tahun 2020, pemerintah Norwegia menargetkan penurunan emisi gas rumah kaca sebesar 30 persen.

  1. Jerman

Berdasarkan Indeks Pencemaran Lingkungan (EPI), Jerman berada di urutan kesepuluh sebagai salah satu negara terbersih di dunia. Skor EPI Jerman adalah 77,2, dengan skor sempurna untuk Sanitasi dan peringkat keempat untuk Keanekaragaman Hayati dan Habitat.

Selain itu, Jerman juga dikenal sebagai salah satu negara paling maju secara teknologi. Negara terbersih ini sedang melakukan "revolusi energi terbarukan" untuk meningkatkan keramahannya pada lingkungan melalui inisiatif hijau dan investasi di bidang keberlanjutan.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm