Daftar 10 Negara Terbersih di Dunia, Jerman Bukan Teratas, Kapan Indonesia Bisa Masuk?

Daftar 10 Negara Terbersih di Dunia, Jerman Bukan Teratas, Kapan Indonesia Bisa Masuk?

Denmark Copenhagen--

SITNAS.id - Kebersihan merupakan faktor yang penting dalam berlangsungnya kehidupan manusia. Air bersih, udara bersih, sanitasi, hingga pengelolaan limbah dapat berdampak signifikan terhadap kesehatan penduduk. Negara manakah yang menjadi negara terbersih di dunia?

Peneliti dari Universitas Yale dan Columbia bekerja sama dengan World Economic Forum (WEF) untuk menilai tingkat kebersihan dan ramah lingkungan di 180 negara. Mereka membuat Indeks Kinerja Lingkungan atau Environmental Performance Index (EPI) untuk mengevaluasi setiap negara.



Baca juga: SKUY NOBAR Streaming Kage no Jitsuryokusha ni Naritakute episode 12 Sub Indo - Download Eminence in Shadow Eps 11 12 13

Baca juga: Nonton Download Unlock My Boss Episode 5 SUB INDO Streaming Amazon Prime Hari ini Rabu, 21 Desember 2022

Baca juga: UPDATE Link Baca Manhwa ReLife Player Full Chapter 21 Bahasa Indonesia Bukan di Komikindo atau Batoto, Eun Ha Makin Hari Makin Gaje



×

EPI mengukur 32 indikator yang terkait dengan dua tujuan kebijakan menyeluruh: vitalitas ekosistem dan kesehatan lingkungan. Hal ini termasuk kualitas udara, air dan sanitasi, keanekaragaman hayati dan habitat, serta keberlanjutan.

Setelah skor ditabulasi, 180 negara diurutkan dari yang paling bersih hingga yang paling kotor pada tahun 2021. Hal ini memberi para negara peluang untuk menilai seberapa efektif kebijakan lingkungan mereka serta seberapa dekat mereka untuk mencapai tujuan lingkungan mereka.

Ternyata, dari 180 negara tersebut, ada 10 negara yang mendapat predikat negara terbersih di dunia. Uniknya, negara-negara ini berasal dari satu benua yang sama yakni benua Eropa. Berikut daftar 10 negara terbersih di dunia, dilansir dari situs World Population Review:

10 Negara Terbersih di Dunia

  1. Denmark

Denmark menempati posisi pertama dalam daftar negara dengan skor EPI tertinggi, yaitu 82,5. Ini disebabkan oleh skor tinggi yang diraih Denmark dalam kategori Pengelolaan Air Limbah (100), Pengelolaan Limbah (99,8), dan Indeks Perlindungan Spesies (100).

Negara ini juga memiliki beberapa kebijakan yang paling komprehensif dan efektif untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan mencegah perubahan iklim. Hal ini juga tercermin dari tingginya jumlah hotel ramah lingkungan, perahu bertenaga surya, dan makanan organik di Denmark, yang menunjukkan bahwa negara ini sangat berfokus pada pembangunan keberlanjutan. Jadi, Denmark adalah negara terbersih dan paling ramah lingkungan di dunia.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm