Kota Terbesar di Pulau Jawa, Penduduk Terpadat di Pulau Jawa Ada di Daerah Mana?

Kota Terbesar di Pulau Jawa, Penduduk Terpadat di Pulau Jawa Ada di Daerah Mana?

Isu Pemekaran Jawa Barat Membuat Provinsi Jabar Akan Digabungkan dengan Jakarta? Cek Penjelasan Lengkapnya Disini--

2. Kota Surabaya, Jawa Timur : 4.611.506 Jiwa

Surabaya adalah kota terbesar kedua di Pulau Jawa dengan jumlah penduduk sebanyak 4.611.506 jiwa.

Terletak di pantai utara Pulau Jawa bagian timur, Surabaya berhadapan dengan Selat Madura dan Laut Jawa, dengan luas sekitar ±326,81 km².



Kota ini merupakan Ibu kota Provinsi Jawa Timur, serta merupakan pusat pemerintahan dan bisnis Indonesia.

Selain itu, Surabaya juga memiliki kawasan metropolitan Gerbangkertosusila yang berpenduduk sekitar 10 juta jiwa, hampir sama dengan kawasan metropolitan Jabodetabek.

3. Kota Bandung, Jawa Barat : 3.580.570 Jiwa

Setelah Jakarta dan Surabaya, Kota Bandung adalah kota terbesar ketiga di Pulau Jawa. Kota yang merupakan Ibukota Provinsi Jawa Barat memiliki jumlah penduduk sebanyak 3.580.570 jiwa.



×

Kota Bandung juga tercatat sebagai kawasan metropolitan terbesar ketiga di Indonesia, bernama Kawasan Bandung Raya, setelah Jabodetabek dan Gerbangkertosusila.

Kota ini dinamakan 'Kota Kembang' karena indahnya pemandangan pohon dan bunga-bunga, serta 'Parijs van Java' karena keelokannya.

Selain itu, Kota Bandung juga dikenal sebagai 'Kota Wisata' dan 'Kota Pendidikan', karena banyak kampus besar dan terkenal di sana.

Di samping itu, Bandung juga dikenal sebagai 'Kota Belanja' dan 'Kota Kuliner', dengan banyak cafe, mall, dan factory outlet yang tersebar di seluruh kota.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm