Kota Terbesar di Pulau Jawa, Penduduk Terpadat di Pulau Jawa Ada di Daerah Mana?

Kota Terbesar di Pulau Jawa, Penduduk Terpadat di Pulau Jawa Ada di Daerah Mana?

Isu Pemekaran Jawa Barat Membuat Provinsi Jabar Akan Digabungkan dengan Jakarta? Cek Penjelasan Lengkapnya Disini--

SITNAS.id - Kota terbesar di Pulau Jawa menjadi pusat pemerintahan dan juga pusat bisnis di masing-masing provinsi di Pulau Jawa.

Kota-kota besar di Pulau Jawa ini juga merupakan salah satu daftar kota terbesar di Indonesia, karena Pulau Jawa merupakan pulau dengan jumlah penduduk terbanyak di seluruh Indonesia.



Penduduk kota-kota besar di Pulau Jawa ditentukan berdasarkan jumlah penduduknya, meskipun beberapa kota besar selain yang menjadi pusat pemerintahan Provinsi juga memiliki jumlah penduduk diatas satu juta.

Beberapa contohnya adalah kota metropolitan Bekasi, Depok, Tangerang, Bekasi dan Bogor yang merupakan bagian dari pusat kawasan bisnis JABODETABEK, serta kota Malang yang berada di ujung timur Pulau Jawa.

Perlu diketahui bahwa Kota dan Kabupaten memiliki pemerintahan dan wilayah yang berbeda, jadi daftar di bawah ini hanya menampilkan Kota bukan Kabupaten.



×

Baca juga: Pekan Terbaru Drakor Big Bet Episode 7 Tayang Jam Berapa di Disney+ Hotstar? Inilah Jadwal Tayang dan Preview

Baca juga: Jam Berapa Drakor Poong The Joseon Psychiatrist 2 Episode 3 Tayang di tvN? Berikut Jadwal Server Indo dan Preview

Baca juga: RIlis Juga, Lanjutan Drama Turki Esaret Episode 43 SUB Indo, Terbaru STREAMING Kanal 7 Bukan LK21 JuraganFilm

1. Kota Jakarta, DKI Jakarta : 10.557.810 Jiwa

Ibu Kota Jakarta adalah kota terbesar di Pulau Jawa, yang juga menjadi pusat pemerintahan dan bisnis Indonesia.

Menurut sensus tahun 2019, luasnya adalah 664,01 km² dan lautan 6.977,5 km², dengan penduduk berjumlah 10.557.810 jiwa.

Kota ini juga merupakan pusat pertumbuhan ekonomi Indonesia, dimana orang dari seluruh penjuru Indonesia datang untuk mencari nafkah.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm