Lintas Jurusan, Anak IPS Bisa ke Kedokteran? Simak Syarat dan Ketentuan UTBK-SNBT 2023 Berikut Ini

Lintas Jurusan, Anak IPS Bisa ke Kedokteran? Simak Syarat dan Ketentuan UTBK-SNBT 2023 Berikut Ini

Kampus Terbaik di Surabaya Ada Disini, Simak Kampus Unggulan Nomer 1 Ternyata Kampus Lulusan Ari Lasso-cicityara/pixabay-

SITNAS.id - Para calon mahasiswa baru perlu memahami ketentuan UTBK-SNBT 2023 sebelum mulai mempelajari materi ujian.

Sistem seleksi masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) bagi calon mahasiswa baru pada tahun 2023 berbeda dengan tahun sebelumnya.



Baca juga: Nonton Drama The Starry Love Episode 33-34 SUB Indo: Ye Tan dan Pangeran Menikah, Suku Chenyuan Balas Dendam! Hari ini Selasa, 7 Maret 2023 di Youku

Baca juga: Murah dan Cicilan Ringan! Ngak Ribet, ini Cara Cari Daftar Perumahan Bersubsidi Secara Online

Salah satu tantangan baru yang akan dihadapi adalah adanya perubahan materi UTBK-SNBT 2023.



×

Sebelum mempelajari materi ujian, para calon mahasiswa baru wajib memahami perubahan sistem seleksi masuk ke PTN dan ketentuan UTBK-SNBT 2023.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi telah mengubah sistem seleksi mahasiswa baru.

Penamaan jalur penerimaan melalui tes sebelumnya yang dikenal dengan nama SBMPTN, kini berubah menjadi SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes).

Meskipun berganti nama, secara teknis pelaksanaannya tidak berubah dan masih menggunakan sistem UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer).

Perubahan utamanya terletak pada ketentuan UTBK dan materi serta soal ujian.

Baca juga: Alina Tau Alasan Dafri Mencintai Lebih Mencintai Syifa dan Dafri-Rahmad Ditemukan di Hutan, Sinopsis Tajwid Cinta 8 Maret 2023 dan Link Nonton

Baca juga: Dua Mahasiswa Kedokteran Unand Berperilaku Menyimpang, Sering Kirim Foto dan Rekam Bagian Sensitif Belasan Korban, Dinonaktifkan dan Belum Jadi Tersangka?

Ketentuan UTBK Tahun 2023

Berikut adalah ketentuan UTBK tahun ini yang perlu kamu ketahui:

1. Pilihan Program Studi Bebas Lintas Jurusan

Kabar baik untuk siswa yang berasal dari jurusan IPS atau Bahasa. Dalam UTBK-SNBT tahun ini, kamu bisa memilih program studi lintas jurusan ke prodi SAINTEK di kampus favoritmu.

Sebelumnya, memilih program studi lintas jurusan sangat sulit dilakukan. Namun, sekarang kamu bisa memilih jurusan teknik, kedokteran, dan lainnya.

Ini memberikan kebebasan dalam memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Namun, kamu tetap bertanggung jawab sesuai kemampuanmu.

Jangan khawatir jika merasa tidak memiliki dasar pengetahuan yang cukup, karena akan ada program matrikulasi di jurusan masing-masing untuk memperkuat fondasi keilmuanmu.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm