5 Daerah Terkaya di RIAU, Salah Satunya Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Indonesia - Daerah Mana Tuh?

5 Daerah Terkaya di RIAU, Salah Satunya Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Indonesia - Daerah Mana Tuh?

Riau Miliki 5 Daerah Terkaya – Penghasil Minyak Bumi Terbesar hingga Masuk Dalam Program (IMS-GT) dan (IMT-GT).-MiraCosic/pixabay-

  1. Kabupaten Siak

Ada pula Kabupaten Siak dengan jumlah penduduk per tahun 2020 sebanyak 457.940 jiwa. Terdapat Tanaman perkebunan yang dikembangkan di Kabupaten Siak yaitu kelapa, kelapa sawit, karet, kopi sagu dan aneka tanaman lainnya yang pendapatan rata-rata atau PDRB per kapita tahun 2021 sebesar Rp192.539.000.

  1. Kabupaten Bengkalis

Rangking kesatu daerah terkaya di Provinsi Riau yakni Kabupaten Bengkalis yang penduduk aslinya terdiri dari suku Melayu, suku Sakai dan suku Akik. Penghasilan terbesar Kabupaten Bengkalis adalah minyak bumi yang menjadi sumber terbesar APBD-nya bersama dengan gas.



Sebelum dibagi menjadi 4 daerah otonom, kabupaten Bengkalis adalah penghasil minyak terbesar di provinsi Riau dan di Indonesia. Eksplorasi minyak ini dilakukan oleh PT Chevron Pacific Indonesia dan konsesi dengan Kondur Petroleum.

Kabupaten Bengkalis mempunyai letak yang sangat strategis, karena dilalui oleh jalur perkapalan internasional menuju ke Selat Malaka. Bengkalis juga termasuk dalam salah satu program Indonesia Malaysia Singapore Growth Triangle (IMS-GT) dan Indonesia Malaysia Thailand Growth Triangle (IMT-GT).

Pada tahun 2021 pendapatan rata-rata atau PDRB per kapita pada tahun 2021 sangat besar yang mencapai angka Rp243.439.000.



×

Itulah 5 daerah di Riau yang dinobatkan sebagai daerah terkaya. Berharap tak hanya Riau saja, namun seluruh daerah di Indonesia dapat memanfaatkan Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia dengan maksimal.***

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm