Simak 20 Desa Tertinggal di Gunung Kidul Provinsi DIY, Simak Status Wilayah Kurang Berkembang Yogyakarta

Simak 20 Desa Tertinggal di Gunung Kidul Provinsi DIY, Simak Status Wilayah Kurang Berkembang Yogyakarta

Ilustrasi Jawa Tengah -Ryn25/pixabay-

 

Provinsi Yogyakarta alias DIY beberapa dengan waktu lalu memiliki jumlah provinsi yang masuk dan menjadi wilayah termiskin di Pulau Jawa. Penilaian ini berdasarkan dengan seberapa besar jumlah penduduk miskin di provinsi Yogyakarta. 

Kabupaten dengan angka kemiskinan ini ternyata banyak di Gunung Kidul. Wilayah ini masuk dengan daerah yang memprihantinkan. Kemiskinan ini menjadi salah satu persoalan yang masih sulit untuk dipecahkan. 



Beberapa desa yang ada di kecamatan ini bahkan masuk dalam kategori desa dengan jumlah status desa berkembang, maju dan mandiri karena wilayahnya yang sulit untuk berkembang. 

Menurut sejumlah data atau survey ada sekitar 135 ribu warga yang hidup dibawah garis kemiskinan. Hal ini membuat presantase kemiskinan dengan mencapai hingga 17,69 persen. 

Kemiskinan ini membuat 4 kecamatan di Gunung Kidul ini menjadi wilayah dan masuk dalam kategori dengan sejumlah desa tertinggal di dalamnya. 



×

1. Rongkop 

Rongkop punya 6 desa tertinggal, yakni Botodayakan, Bohol. Pringombo, Petir, dan Pucanganom, Melikan

2. Ponjong

Ponjong punya 6 desa tertinggal, salah satunya Sumber Girim Kenteng dan sejumlah daerah lainnya. 

3. Purwosari

Purwosari punya 5 desa tertinggal, yakni Girijati, Giriasih, dan beberapa wilayah lainnya yang masuk sebagai salah satu desa dengan keadaan yang tertinggal. 

4. Ngawen

Ngawen punya 3 desa tertinggal, yakni Watu Sigar, Beji, dan Tancep. Sejumlah desa tersebut masuk dan menjadi salah satu desa dengan tingkat kemiskinan yang cukup tinggi. 

***

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm