Pengakuan Dede Asiah TKW jadi Budak di Suriah, Meminta Pertolongan untuk Pulang ke Indonesia

Pengakuan Dede Asiah TKW jadi Budak di Suriah, Meminta Pertolongan untuk Pulang ke Indonesia

Ilustrasi kisah Dede Asiah yang Jadi Budak-Anemone123 / 241 images/pixabay-

"Coba kita telusuri ya kang terkait yang viral itu," kata Kepala Disnakertrans Karawang, Rosmalia Dewi. Dilansir oleh Sitnas.id dari www.msn.com pada Senin (27/3/2023).

Ia juga meminta keluarga Dede untuk datang ke kantor Disnakertrans guna membuat laporan.



"Mangga (silahkan) pak keluarganya diminta buat laporan," jelasnnya.

Dalam vidio tersebut berisi rekaman Dede mengaku bahwa dirinya menjadi korban perdagangan orang ketika hendak bekerja di Istanbul, Turki.

Baca juga: Sinopsis Serial India Anupamaa Rabu, 30 Maret 2023 ANTV: Anuj Terkejut Melihat Paritos, Ritual Sagun Gagal Total?



×

Baca juga: Imlie Besok Kamis, 30 Maret 2023 di ANTV: Terkuak Alasan Imlei Bersikap Kasar di Depan Aditya Karena Suruhan dari Malini

"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, nama saya Dede Asiah dari Karawang, tolong saya, saya pengen pulang, perut saya sakit..," kata dia sambil menangis di awal vidio yang telah beredar di media sosial sejak Rabu, 29 Maret 2023.

"Jadi awal-awalnya saya diiming-imingin kerja di Turki gaji 600 Dollar, tapi setelah saya mendarat di Istanbul, saya dibuang ke Suriah," katanya dengan sedih.

Baca juga: Update Terbaru Manhwa Undercover Chaebol Highschool Full Chapter 1 2 3 4 5 -18 19 20 21 22 Sub Indo, Kisah Anggota Geng Kembali ke Sekolah

Karena dengan tawaran gaji yang mengiurkan, Dede setuju untuk pergi bekerja. Namun ia tidak merasa kalau sudah dijual oleh perusahaan penyalur tenaga kerja sebesar USD 12.000.

"Di Suriah saya dijual 120.000 Dollar empat tahun tanpa sepengetahuan saya. Saya tahunya darimana? saya tahunya dari majikan, karena majikan saya bilang 'kalau saya harus kerja di sini empat tahun karena saya ini mahal'," kata Dede.

"Saya ini 12.000 dollar, majikan udah ngeluarin uang 12.000 Dollar untuk ngebeli saya," jelas dia.

***

 

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm