Apa Itu Fenomena Solostis Viral Tiktok? Benarkah 21 Desember 2022 Tidak Boleh Keluar? Perubahan Malam dan Siang yang Makin Lama Waktunya?

Apa Itu Fenomena Solostis Viral Tiktok? Benarkah 21 Desember 2022 Tidak Boleh Keluar? Perubahan Malam dan Siang yang Makin Lama Waktunya?

Apa Itu Fenomena Solostis Viral Tiktok? Benarkah 21 Desember 2022 Tidak Boleh Keluar? Perubahan Malam dan Siang yang Makin Lama Waktunya?-NoName_13/PIXABAY-

Sementara itu, Solostis merupakan fenomena alam yang kini tengah populer, yang tak sedikit membuat warganet resah dan panik lantaran tak mengetahui apa itu fenomena Solostis.

Dilansir dari berbagai sumber, diketahui bahwa fenomena ini tak hanya sekali muncul namun pada 21 Desember 2021 tahun lalu juga muncul.



Seperti dilansir dari berbagai sumber, fenomena Solstice atau Titik Balik Selatan terjadi di mana bagian selatan bumi lebih dekat ke matahari daripada bagian utara bumi.

Baca juga: Buat Geleng-Geleng, Daftar 6 Nama Desa di Jawa Timur yang Sangat Nyentrik dan Nyeleneh, Ternyata Miliki Sejarah Loh, Ada Desa Pesing, Pacar Peluk hingga Maling Mati, Dimana Tuh?

Baca juga: Bukan Kota Malang, Inilah 5 Kota di Kabupaten Malang yang Padat Penduduk, Cek Lokasi Anda?



×

Baca juga: Belum Banyak yang Tahu! Nama Daerah dan Kota di Indonesia Ini Sudah Berubah, Jangan Keliru Sebut Namanya Ya!

Fenomena ini sudah terjadi pada 21 Desember 202 lalu.

Kata Solstis terdiri dari dua kata, yaitu “Sol” yang berarti matahari dan “stare” yang berarti “berhenti”.

Fenomena titik balik matahari berarti matahari memuncak di cakrawala pada saat titik balik matahari musim panas.

Di mana itu bertepatan dengan titik balik matahari musim dingin yang berada di titik terendahnya.

Pada minggu-minggu sebelum titik balik matahari ini, matahari biasanya tidak terlihat bergerak, oleh karena itu dinamakan "Matahari Berhenti".

Fenomena Solostis ini dapat menyebabkan belahan bumi selatan mengalami hari yang lebih panjang, alias waktu siang lebih panjang.

Di sisi lain, malam terasa lebih panjang di belahan bumi utara. Namun, Indonesia memiliki pengaruh yang kecil karena letaknya yang dekat dengan garis khatulistiwa.

lalu Benarkah tidak boleh keluar rumah pada tanggal 21 Desember 2022?, cek penjelasan pada halaman beirkutnya,

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm