Apa Itu ROM? Berikut Penjelasan Lengkap Beserta Peranan dalam Dunia Digital

Apa Itu ROM? Berikut Penjelasan Lengkap Beserta Peranan dalam Dunia Digital

Ilustrasi. Apa Itu ROM? Berikut Penjelasan Lengkap Beserta Peranan dalam Dunia Digital-infralist/unsplash-

SITNAS.id - Penasaran sebenarnya apa itu ROM? Berikut ini simak penjelasan lengkap beserta peranannya dalam dunia digital.

Read Only Memory (ROM) adalah salah satu perangkat keras yang terdapat dalam komputer. Seperti halnya RAM, ROM juga merupakan bagian dari memori komputer. Akan tetapi, keduanya memiliki fungsi yang berbeda dan unik masing-masing.



ROM, seperti namanya, hanya dapat dibaca dan tidak dapat ditulis. Ini adalah jenis memori yang permanen, berbeda dengan RAM yang bersifat sementara.

Baca juga: Xiao Qing Dalam Bahaya! NONTON Blossom Dumping World Episode 21 22 SUB Indo, Hari ini Selasa 8 Agustus 2023 di Tencent Video

Baca juga: Rahasianya Terungkap! Pesona Terowongan Bawah Tanah Panjang 65,8 Meter di Stasiun Yogyakarta yang Mengagumkan dengan Hiasan yang Menghanyutkan



×

Baca juga: Fakta Menarik di Balik Jurangmangu, Kisah Singkat Nama Stasiun di Tangerang Selatan yang Ternyata Punya Makna 2 Kata, Yuk Baca!

Hal ini berarti, meski komputer dimatikan dan aliran listriknya terputus, data yang ada dalam ROM tetap ada dan tidak akan hilang.

Oleh karena itu, ROM dikategorikan sebagai memori non-volatil. Sifatnya yang tetap dan stabil ini juga menjadikan ROM disebut sebagai memori statis, sebab tidak memerlukan refreshing atau pembaharuan secara berkala.

Data yang tersimpan dalam ROM biasanya meliputi instruksi dasar untuk operasi sistem komputer, yang sering dikenal dengan istilah BIOS (Basic Input Output System).

Baca juga: Mengupas Tuntas Makna Jurangmangu! Mengungkap Rahasia Nama Stasiun di Kota Tangerang Selatan yang Ternyata Terdiri dari 2 Singkatan, Simak di Sini Gengs!

Baca juga: Pertempuran Antar Vampir, Drakor Heartbeat Episode 14 Tayang Jam Berapa? Simak Jadwal Server Indo dan Spoiler Lanjutan

Baca juga: Upaya Mengurangi Kepadatan! Bogor Berencana Menambah Stasiun Baru Lagi, Kapan Proyek Tersebut Diluncurkan?

Data ini sangat penting untuk proses start-up atau pengaktifan komputer. Sementara itu, RAM berfungsi sebagai penyimpanan data sementara yang aktif selama komputer dijalankan. Jadi, jika komputer dimatikan, data dalam RAM akan hilang.

ROM dan RAM keduanya memiliki peran penting dalam operasi komputer. Untuk lebih memahami tentang perangkat keras ROM atau Read Only Memory, mari kita telusuri lebih jauh mengenai fungsi dan cara kerjanya dalam sistem komputer.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm