6 Asal Usul Nama Kabupaten dan Kota di Sumatera Utara Ini Menarik Disimak, Binjai Ternyata Punya Nama Asli Ini!

6 Asal Usul Nama Kabupaten dan Kota di Sumatera Utara Ini Menarik Disimak, Binjai Ternyata Punya Nama Asli Ini!

Sumatera Utara-muhammad-prayoga/unplash-

Beberapa nama dan kota yang ada di Indonesia ini masuk dan menjadi salah nama daerah dengan singkatan yang unik dan menarik. Misalnya dalam sejumlah nama di Sumatera Utara misalnya ada beberapa nama dan kota yang ternyata memiliki nama panggilan atau singkatan yang berbeda. 

Setidaknya ada 6 nama kabupaten dan kota di Sumatera Utara yang berasal dari singkatan yang bisa dibahas. Nama dan kepanjangan ini berasal dari beberapa sumber sejarah dan cerita dari nama Sumatera Utara. 



1. Kabupaten Mandailing Natal 

Beberapa kota di Mandailing ini diyakini berasal dari kata Mandala - Holing yang merujuk dari kejadian pada abad ke-12. Kerajaan ini diduga kawasannya berada dari Padang Lawas hingga daerah paling selatan di Sumatera Barat dengan wilayah di Tapanuli bagian selatan. 

2. Kabupaten Tapanuli Selatan 



×

Kabupaten ini bisa menjadi salah satu gabungan yang berasal dari gabungan kata tapian dan nauli. Kawasan ini masuk dan memenuhi semua kebutuhan kehidupan.

Selain itu Tapanuli Selatan ini juga masuk dan menjadi salah satu wilayah dengan nama yang ternyata memiliki sejumlah unsur nama Tapanuli lainnya. 

3. Kabupaten Tapanuli Tengah 

Sama halnya dengan sebelumnya nama daerah ini juga memiliki nama dari gabungan kata "Tapian" dan "Nauli".

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm