6 Asal Usul Nama Kabupaten dan Kota di Sumatera Utara Ini Menarik Disimak, Binjai Ternyata Punya Nama Asli Ini!

6 Asal Usul Nama Kabupaten dan Kota di Sumatera Utara Ini Menarik Disimak, Binjai Ternyata Punya Nama Asli Ini!

Sumatera Utara-muhammad-prayoga/unplash-

4. Kabupaten Tapanuli Utara 

Kabupaten selanjutnya di Provinsi Sumatera Utara yang mengandungkan unsur nama Tapanulis Utara. Sama halnya dengan sebelumnya, nama Tapanuli ini juga berasal dari nama "Tapian" dan "Nauli" yang artinya tempat atau kawasan yang bisa memuni semua kehidupan. 



5. Kabupaten Labuhanbatu 

Menurut sejarah ada beberapa Angkatan Laut Belanda dibawah pimpinan Bevel Heber pernah datang di Labuhanbatu di tahun 1862 silam. Kedatangan mereka kemudian sampai di Sungai Barumun. Mereka akhirnya membuat pendaratan di Kampung Labuhanbatu yang dibuat dari batu beton. 

Seiring waktu kemudian beberapa batu ini kemudian berubah menjadi perkampungan yang disinggahi hingga bernama Labuhanbatu dan singkatan dari Pelabuhan dan Batu.



×

6. Kota Binjai 

Kota Binjai masuk dan menjadi salah satu nama dengan singkatan yang berasal dari Ben dan I-jei yang artinya 'bermalam disini' dalam bahasa Kara. Pada masa awal berdirinya kota Binjai, dulunya tempat berkumpul dengan para pedagang dari dataran tinggi Tanah Kara dan Langkat yang saling tukar barang. 

Daerah asal ini ternyata memiliki jarak jauh dan hal ini bisa terjadi pada beberapa pedagang yang harus bermalam di Binjai untuk melanjutkan perjalanan kembali keesokkan harinya dan pulang. Kemudian nama itu diberi nama Binjai. 

***

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm