Keren Banget 3 Nama Daerah di Jambi yang Berasal dari Singkatan dan Kejadian Alam? Seperti Kota Sungai Penuh, Asal dan Artinya Apa Ya? 

Keren Banget 3 Nama Daerah di Jambi yang Berasal dari Singkatan dan Kejadian Alam? Seperti Kota Sungai Penuh, Asal dan Artinya Apa Ya? 

Keren Banget 3 Nama Daerah di Jambi yang Berasal dari Singkatan dan Kejadian Alam? Seperti Kota Sungai Penuh, Asal dan Artinya Apa Ya? -Bianca/pixabay-

1.Kabupaten Sarolangung

Kabupaten Sarolangun merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Jambi. Nyatanya hingga kini tak sedikit yang tahu asal usul nama Sarolangun yang berasal dari sebuah singkatan ini.

Sarolangun berasal dari dua kata yaitu Suro dan Melangun, diketahui bahwa Suro adalah nama sebuah desa kuno di kawasan Musi Rawas, sedangkan Melangun artinya tinggal atau berpindah alias nomaden.



Awalnya daerah itu bernama Suro Melangun, artinya orang Suro yang ingin bermalam atau berpindah, namun lama kelamaan menjadi Sarolangun karena logat dan ejaannya.

Baca juga: Kini jadi Kota Santri dan Misteri Leganda Kebo Kicak Inilah Asal Usul 13 Nama Kota di Jawa Timur No 7 Bikin Syok Banget Loh

Baca juga: Daftar Kota dan Kabupaten yang Dijuluki Kota Janda, Miliki Jumlah Perceraian Tertinggi di Jawa Timur, Jangan-Jangan Tempat Tinggalmu? CEKIDOT



×

Baca juga: Benarkah Singkatan Kota Jombang Berasal Dari Warna Ijo dan Abang? Berikut Asal Mula 13 Kota yang ada di Jawa Timur Ternyata Tidak Disangka-Sangka Banget

2.Kabupaten Kerinci

Kabupaten Kerinci juga merupakan salah satu wilayah yang berada di daerah di Provinsi Jambi yang kaya akan sumber daya mineral.

Dahulu, kawasan Kerinci merupakan hutan belantara yang indah dan memiliki udara yang sangat sejuk.

Ternyata nama Kerinci berasal dari dua kata berbeda yaitu Kering dan Cair, hal ini mengacu pada prakiraan cuaca yang tidak sesuai.

Disebutkan pula bahwa nama Kerinci berarti anak kunci. Disebutkan juga bahwa Kerinci adalah nama gunung dan danau.

Nama Kerinci berasal dari nama gunung dan danau yang di sekitarnya penduduknya juga disebut dengan nama yang sama, yaitu masyarakat Kerinci.

Ada Kota Sungai Penuh, yang memiliki nama berasal dari kejadian ajaib dari alam, cek pada halaman berikutnya,

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm