Daftar 10 Provinsi Paling Sepi, Jumlah Penduduk Tersedikit, Kalimantan dan Papu Masuk Daftar Terbanyak!

Daftar 10 Provinsi Paling Sepi, Jumlah Penduduk Tersedikit, Kalimantan dan Papu Masuk Daftar Terbanyak!

Propinsi Penduduk Tersedikit--

SITNAS.id - Meskipun Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk terbanyak ke-4 di dunia, tampaknya masih ada banyak wilayah yang masih sepi penghuni.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Kalimantan Utara adalah provinsi di Indonesia dengan jumlah penduduk terkecil atau tersedikit.



Hanya 9 orang/km² yang menghuni wilayah ini yang berbatasan langsung dengan Malaysia.

Baca juga: 5 Pilihan Rekomendasi Resort Alam di Bogor, Cocok Untuk Liburan Akhir Tahun

Baca juga: Daftar 23 Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Elkan Baggott dan Sandy Walsh Dicoret dari Daftar Pemain, Ada Apa?



×

Baca juga: SPOILER Terbaru Drakor The Interest of Love Episode 2, Tayang Hari Ini Kamis, 22 Desember 2022 di JTBC - Kencan Tanpa Kejelasan

Selain itu, ada beberapa provinsi lain di Indonesia yang memiliki kepadatan penduduk rendah, yaitu Papua Barat, Papua, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara.

Menurut Heni Suhaeni, peneliti dari Pusat Litbang Permukiman Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), tingkat kepadatan penduduk yang tinggi dapat memiliki dampak negatif pada kondisi psikologis dan kesejahteraan seseorang.

Berbeda dengan DKI Jakarta yang memiliki kepadatan penduduk 15.978 orang/km² pada 2021, provinsi-provinsi lainnya hanya dihuni oleh sekitar 10 sampai 70 orang/km², yang menjadikan mereka sangat sepi.

Heni Suhaeni menyatakan bahwa ketika ruang gerak untuk melakukan aktivitas dasar manusia dibatasi, reaksi emosional atau agresivitas dapat muncul.

Baca juga: Siapa Pemeran Video Kathy Viral Twitter yang Tengah Diburu Warga Tiktok, Video Wanita Cantik Berhijab dan Berkacamata

Baca juga: Link Video Viral Kathy TikTok dan Twitter Banyak Dicari, Siapa Sosok Wanita Cantik Berjilbab dan Berkacamata

Baca juga: Say Hi to Season 2! Begini SPOILER Alice in Borderland Season 2, Mulai Tayang Hari Ini Kamis, 22 Desember 2022 di Netflix: Babak Sulit Survival Arisu dan Usagi

Hal ini disimpulkan dari laporan penelitiannya yang bertajuk Kepadatan Penduduk dan Hunian Berpengaruh terhadap Kemampuan Adaptasi Penduduk di Lingkungan Perumahan Padat (2011).

Dia menjelaskan bahwa orang yang tinggal di lingkungan yang padat cenderung merasa mudah lelah, kesal, marah, atau merasa tidak berdaya karena tidak adanya privasi dan waktu untuk istirahat, yang mengakibatkan energi mereka cenderung terkuras dengan tidak efisien dan tidak produktif.

Daftar Wilayah dengan Penduduk Tersedikit di Indonesia tersedia di halaman selanjutnya

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm