2 Kota dan 1 Kabupaten di Kalimantan Timur yang Memiliki Asal Usul Unik Lebih Wow Daripada Kota Lainnya, Dijamin Bikin Penasaran dan Panas Dingin

 2 Kota dan 1 Kabupaten di Kalimantan Timur yang Memiliki Asal Usul Unik Lebih Wow Daripada Kota Lainnya, Dijamin Bikin Penasaran dan Panas Dingin

Didasari Era Pra-sejarah! Ini Arti Singkatan Bengkulu dan Daftar 5 Nama Kabupaten dan Kota Punya Singkatan-winterseitler/pixabay-

Inilah Julukan kota yang ada di Kalimantan Timur:

Kota Samarinda

Empat versi Asal usul Kota Samarinda. Nama Samarinda berasal dari bahasa Melayu yakni 'Sama' dan Rendah'.

Hal ini berdasarkan ukuran tinggi rumah-rumah rakit terapung penduduk di Samarinda Seberang. Rumah-rumah tersebut tidak ada yang lebih tinggi satu sama lain atau bisa diartikan tatan kemasyarakatan yang egaliter.



Versi kedua berasal dari bahasa Banjar yakni 'Sama' dan 'Rendah' yang didasarkan pada persamaan ukuran tinggi Sungai Mahakan dengan daratan yang sama-sama rendah.

Versi ketiga yakni berasal dari bahasa Sansekerta yakni 'Samarindo' yang memiliki arti salam sejahtera. Versi keempat yakni berasal dari bahasa Melayu dari kata 'Samar' dan 'Indah'.

Kabupaten Berau

Asal mula Kabupaten Berau berasal dari Kesultanan Berau yang telah berdiri sejak abad ke-14. Raja pertama dari Kesultanan Breau adalah Baddit Dipattung yang memiliki gelar Aji Raden Surya Nata Kesuma dan sang istri bernama Baddit Kurindan dengan gelar Aji Permaisuri.



×

Pusat Kerajaan Breau awalnya berada di Sungai Lati (sekarang jadi tambang Batu Barat PT Breau Coal).Sebelum menjadi kabupaten, Breau merupakan daerah Istimewa hingga adanya peraturan peralihan UU Darurat 1953.

Tanggal terbit UU tersebut ditetapkan sebagai hari jadi Kabupaten Breau. Itulah beberapa asal usul dan singkatan dari dua kota dan satu kabupaten di Kalimantan Timur.

Baca juga: Bintang Samudera Jumat, 23 Desember 2022 Episode 91 di ANTV: Alih-Alih Bertemu Nagita, Bintang Mala Terjerambab Bersama Brahma

Baca juga: Makin Seru! Baca Webtoon My Far Too Tumultuous Marriage Full Chapter 1, 2, 3, 4 Bahasa Indonesia dan SPOILER cHAPTER tERBARU, cekidot!

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm