Keunggulan dan Kelebihan CNG yang Digadang-Gadang Jadi BBM Alternatif Pengganti Pertalite Setara Pertamax Turbo, Angin Segar Bagi Masyarakat?

Keunggulan dan Kelebihan CNG yang Digadang-Gadang Jadi BBM Alternatif Pengganti Pertalite Setara Pertamax Turbo, Angin Segar Bagi Masyarakat?

Cek Perubahan Harga BBM Pertamina Per 1 April 2023: Pertalite, Pertamax, Solar hingga Dexlite Jelang Idul Fitri 1444 H di Seluruh Indonesia--

Dirut PGN (Perusahaan Gas Negara) M. Haryo Yunianto menyatakan penggunaan CNG sebagai pengganti bensin lebih hemat 55 persen dibanding pertalite.

Selain itu pada aplikasi CNG hanya perlu menambahkan tabung CNG yang berukuran 14 x 53 cm, agar tidak mempengaruhi kenyamanan berkendara sepeda motor.



M Haryo Yunianto menjelaskan bahwa CNG tidak hanya lebih murah dari bensin, tetapi juga bekerja lebih baik dari pertalite karena terbuat dari metana yang bersih dan memiliki nilai oktan yang tinggi.

Tentunya dengan nilai oktan yang tinggi mampu menghasilkan pembakaran yang sempurna, sehingga CNG tidak hanya bekerja dengan baik, tetapi juga menghasilkan emisi yang ramah lingkungan.

Masih di M Haryo Yunianto, hitungan Pertamina, dengan menggunakan 4 liter BBM Pertalite per hari yang dikonversi ke BBG, subsidi BBM tersebut setara dengan 125.000 kiloliter per tahun atau lebih menggantikan bensin yang 55 persen lebih. Efisien.



×

Baca juga: Bintang Samudera Sabtu, 24 Desember 2022 Episode 92 di ANTV: Brahma Bersyukur Nagita dan Bryan Belum Bertemu dengan Bintang

Baca juga: Bukan Kota Binjai, Ini 5 Daerah Paling Kaya di Sumatera Utara, Sampai Ratusan Juta per Tahun! Kaum Rebahan Awas Shock

Baca juga: Episode 289 Suami Pengganti Hari ini Sabtu, 24 Desember 2022 di ANTV: Benarkah Justin Memakai Uang Celine untuk Membangun Klinik Milik Dinda?

Tentu safety menjadi aspek penting, menurut Haryo, tingkat keamanan CNG sangat baik karena tekanannya 200 bar, tangki lebih besar dari LGV dan terbuat dari material baja.

CNG sendiri juga sudah digunakan di beberapa negara, terutama di angkutan umum dan dapat digunakan di kapal nelayan.

Sedangkan di Indonesia, CNG digunakan pada angkutan umum, antara lain bus transjakarta, mobil dan baja, serta sepeda motor.***

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm