Inilah Arti dan Kepanjangan Klepon dan Lemper, Simak 6 Nama Makanan Khas Jawa Timur yang Memiliki Makna Mendalam, Gak Banyak yang Tau Nih!

Inilah Arti dan Kepanjangan Klepon dan Lemper, Simak 6 Nama Makanan Khas Jawa Timur yang Memiliki Makna Mendalam, Gak Banyak yang Tau Nih!

Inilah Arti dan Kepanjangan Klepon dan Lemper, Simak 6 Nama Makanan Khas Jawa Timur yang Memiliki Makna Mendalam, Gak Banyak yang Tau Nih!-Silvia /PIXABAY-

1.Apem

Nama Apem kemungkinan berasal dari kata afwan atau affawun, artinya memaafkan atau meminta maaf.

Kuliner ini dipercaya melambangkan permohonan maaf manusia kepada Yang Maha Kuasa dan dibawa oleh Ki Ageng Gribig untuk berziarah.

2.Tumpeng 



Tumpeng adalah kependekan dari "Yen metu kudu mempeng" yang berarti Anda harus serius atau bersemangat saat meninggalkannya alias saat keluar.

Singkatan lain dari Tumpeng adalah "Metu dalan kang lempeng", yang berarti "jalan lurus kehidupan".

Makna dari kedua hal tersebut adalah tumpeng mengajarkan kepada orang yang lahir ke dunia untuk hidup di jalan yang lurus dengan penuh semangat dan tidak mudah menyerah.



×

Baca juga: Prediksi Timnas Indonesia vs Thailand, Kamis 29 Desember 2022, Laga Big Match Piala AFF 2022

Baca juga: Kage no Jitsuryokusha ni Naritakute Ada Berapa Episode? Cek Sinopsis dan Jumlah Episode Anime The Eminence in Shadow

Baca juga: Berikut Jadwal Indonesia vs Thailand Piala AFF 2022, Shin Tae Yong Turunkan Komposisi Terbaik

3.Lemper

Lepet adalah singkatan dari "Elek e disimpen sing rapet" yang artinya kejelekan harus disimpan yang rapat.

Inti dari singkatan tersbut adalah keburukan atau aib tidak boleh diungkap apalagi diumbar untuk konsumsi publik.

4.Ketupat

Ketupat adalah singkatan dari “Ngaku lepat” atau mengakui kesalahan. Selain itu diyakini juga merupakan singkatan dari “Laku papat” yang berarti empat kegiatan antara lain Idul Fitri, Luberan, Leburan dan Laburan.

Lebaran (luas) berarti usai. Luberan (luber) artinya melimpah. Leburan (meleleh) atau habis. Laburan (Labur) berarti batu kapur.

Maksud dari semua ini adalah ketika Idul Fitri tiba, berarti semua orang telah berpuasa, tetapi mereka tetap harus beramal dan bersedekah untuk mendapatkan pahala.

Selanjutnya, selama Idul Fitri setiap dosa manusia dilebur dan dikembalikan murni dan bersih seperti kapur.

Simak arti klepon dan lemper ada pada halaman berikutnya,

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm