Daftar 10 Kota Terbesar di Pulau Kalimantan, No 1 Bukan di Pontianak, Terbesar di Provinsi Kalimantan Timur

Daftar 10 Kota Terbesar di Pulau Kalimantan, No 1 Bukan di Pontianak, Terbesar di Provinsi Kalimantan Timur

Balikpapan--

8. Kota Singkawang

Kota Singkawang, yang juga dikenal sebagai Kotamadya, terletak di Kalimantan Barat, Indonesia.

Kota ini berjarak 145 km sebelah utara dari Kota Pontianak, ibu kota provinsi Kalimantan Barat.



Singkawang dikelilingi oleh pegunungan Pasi, Poteng, dan Sakok. Nama Singkawang berasal dari bahasa Hakka, San khew jong, yang merujuk pada sebuah kota di bukit dekat laut dan estuari.

Kota ini terdiri dari 5 kecamatan dan 26 kelurahan, dengan jumlah penduduk 232.993 jiwa pada tahun 2017. Luas wilayahnya yaitu 504,00 km² dan sebaran penduduknya 462 jiwa/km².

Singkawang semula merupakan bagian dan ibu kota dari wilayah Kabupaten Sambas (UU Nomor 27 Tahun 1959), dan pada tahun 1981 menjadi Kota Administratif Singkawang (PP Nomor 49 Tahun 1981).



×

Tujuannya adalah untuk meningkatkan kegiatan penyelenggaraan pemerintahan secara berhasil guna dan berdaya guna, serta melayani sebagai sarana untuk pembinaan wilayah dan unsur pendorong yang kuat bagi usaha peningkatan pembangunan.

Kota Singkawang merupakan pusat pemerintahan Kota Administratif Singkawang serta ibu kota Sambas. Di sini juga diadakan perayaan Imlek sebagai tradisi masyarakat Tionghoa di Indonesia, seperti halnya perayaan Idul Fitri atau Natal. Singkawang juga dikenal sebagai kota perdagangan terbesar kedua di Kalimantan Barat setelah Kota Pontianak.

Letaknya yang strategis di pantai barat, antara kabupaten Sambas dan Bengkayang, membuat Singkawang menjadi sentra bisnis dan pemasaran produk di wilayah sekitarnya.

Jumlah Penduduk : 198.742 jiwa (2013)

Provinsi : Kalimantan Barat (Kalbar)

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm