Daftar 10 Kota Terbesar di Pulau Kalimantan, No 1 Bukan di Pontianak, Terbesar di Provinsi Kalimantan Timur

Daftar 10 Kota Terbesar di Pulau Kalimantan, No 1 Bukan di Pontianak, Terbesar di Provinsi Kalimantan Timur

Balikpapan--

6. Kota Tarakan

Kota Tarakan, yang terletak di Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia, adalah kota terbesar dan terkaya ke-17 di Indonesia.

Berdasarkan data Badan Kependudukan Catatan Sipil dan Keluarga Berencana, Kota Tarakan memiliki luas wilayah 250,80 km² dengan penduduk sebanyak 253.026 jiwa.



Kota yang juga dikenal sebagai Bumi Paguntaka, ini berada di sebuah pulau kecil yang terdiri dari tiga pulau, yaitu Pulau Bunyu, Pulau Tarakan, dan Pulau Sadau dengan luas 657,33 km².

Letak dan posisi strategisnya telah menjadikan Kota Tarakan sebagai salah satu sentra industri di wilayah Provinsi Kalimantan Utara.

Sejak tahun 2012, Kota Tarakan merupakan bagian dari Provinsi Kalimantan Utara, seiring dengan pemekaran provinsi baru tersebut dari Provinsi Kalimantan Timur.



×

Pemerintah meningkatkan status Kota Tarakan menjadi Kota Administratif sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 47 Tahun 1981, dan berdasarkan Undang-undang RI No. 29 Tahun 1997, statusnya ditingkatkan lagi menjadi Kotamadya.

Peresmiannya dilakukan langsung oleh Menteri dalam Negeri pada tanggal 15 Desember 1997, sekaligus menandai tanggal tersebut sebagai Hari Jadi Kota Tarakan.

Semboyan Kota Tarakan adalah Tarakan Kota “BAIS” (Bersih, Aman, Indah, Sehat dan Sejahtera).

Jumlah Penduduk  : 227.200 jiwa (2014)

Provinsi : Kalimantan Utara (Kaltara)

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm