8 Fakta Menarik Pulau Mangias, Pulau Terluar di Indonesia Ini Punya Berbagai Fakta Menarik, Masuk Wilayah Sulawesi yang Mana?

8 Fakta Menarik Pulau Mangias, Pulau Terluar di Indonesia Ini Punya Berbagai Fakta Menarik, Masuk Wilayah Sulawesi yang Mana?

8 Fakta Menarik Pulau Mangias, Pulau Terluar di Indonesia Ini Punya Berbagai Fakta Menarik, Masuk Wilayah Sulawesi yang Mana?-jcob-nasyr/unplash-

 

Pulau Miangas menjadi salah satu pulau terluar di Indonesia yang cenderung mengarah pada negara lain yakni Filipina. Pulau Miangas ini jaraknya hanya 83 meter saja dari Filipina. 

Pulau Miangas juga dikenal dengan sejumlah fakta menarik lainnya seperti pulau ini memiliki 05 derajat 33 menit dan 15 detik Lintang Utara. Selain itu, ada sejumlah keunggulan lainnya dan fakta menarik pulau Miangas. 



1. Nama lain 

Pulau Miangas ini memiliki nama lain diantaranya Wui Baru dan Tinoda, dan Paimas. Pulau Miangas ini masyarakatnya cukup terisolasi karena ombaknya yang tinggi. 

2. Daerah administrasi 



×

Pulau Miangas ini masuk menjadi salah satu kecamatan Miangas dan Desa Miangas yang ternyata satu wilayah administrasi. 

3. Rebutan 2 negara 

Wilayah pulau ini sempat menjadi rebutan 2 negara karena yaitu Amerika Serikat dan Belanda. Hal ini dikarenakan wilayah ini masih secara ekonomis memiliki sejumlah wilayah yang geografis dan strategis. 

4. Bahasa penduduk 

Bahasa penduduk di Pulau Miangas ini ternyata masih berbahasa Tagalog Filipina. 

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm