Desa Legendaris! Desa di MOJOKERTO Jawa Timur Ini Berumur Lebih dari 100 Tahun hingga Tercatat Sejarah?

Desa Legendaris! Desa di MOJOKERTO Jawa Timur Ini Berumur Lebih dari 100 Tahun hingga Tercatat Sejarah?

ilustrasi-framepersecC/pixabay-

Desa ini juga dijuluki dengan desa perdikan dimana desa ini diyakini bebeas dari segala macam pajak dan upeti yang ternyata sudah ada sejak 1000 tahun yang lalu. 

Desa yang sudah berusia tua ini juga menghadapi masalah klasik yang sama dengan desa pada umumnya yakni dengan adanya wilayah pegunungan. Sarana dan prasarana yang tertinggal dan kekurangan air bersih juga menimpa desa Watonmas. 



Namun, kehidupan warga desa Watonmas ini masih tergolong bersih untuk udaranya karena berjarak cukup jauh dengan sejumlah pabrik industri. Pada hari libur, masyarakatnya banyak yang menggunakannya untuk bertanam. 

Sejumlah tanaman yang kerap kali di tanam yakni jagung, randu, dan jambu mente. Masyarakatnya juga banyak yang mencari nafkah dengan mencari bantu di Desa Watonmas. 

Peninggalan situs sejarah di Desa Watonmas ini menjadi salah satu bukti bahwa desa tersebut cukup banyak menjadi peninggalan prasejarah dan daerah prubakala saat itu. 



×

Sekarang banyak perbedaan yang terjadi pada desa tersebut, sejumlah daerah seperti kolam renang dulunya ada di seberang candi kini kurang terawat. Dulu kegiatan masyarakat bertani kini banyak yang bekerja industri. 

Masalah transportasi masyarakat juga masih cukup mengalami kendala. Hal ini dikarenakan jarak dengan berbagai fasilitas umum yang cukup jauh yakni sekitar 7 KM.***

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm