Takjil Hunter Wajib Coba! Ragam Kuliner Khas Aceh Banjir Peminat di Bulan Ramadhan – Racikan 44 Jenis Dedaunan

Takjil Hunter Wajib Coba! Ragam Kuliner Khas Aceh Banjir Peminat di Bulan Ramadhan – Racikan 44 Jenis Dedaunan

Takjil Hunter Wajib Coba! Ragam Kuliner Khas Aceh Banjir Peminat di Bulan Ramadhan – Racikan 44 Jenis Dedaunan-sorcel/pixabay-

Kuliner Khas Aceh Yang Banjir Peminat Di Bulan Ramadhan

  1. Ie Bu Peudah

Ie bu peudah (dibaca I bu pedah),  begitulah nama bubur bercita rasa rempah khas Aceh ini. Kuliner khas ramadhan ini biasanya diolah oleh masyarakat secara bergotong royong dari habis dhuhur hingga tiba waktu shalat ashar. Masyarakat Aceh terdahulu, menjadikan ie bu peudah sebagai makanan penambah tenaga setelah seharian berpuasa.



Ie bu Peudah dibuat dengan menggunakan 44 jenis dedaunan, mulai dari daun pegagan, daun tahe, cape dan berbagai dedaunan lainnya sehingga pencampuran bahan-bahan tersebut menciptakan rasa pedas tanpa mengurangi kelezatannya.

  1. Sie Reuboh

Sie Reuboh atau daging rebus merupakan kuliner khas Aceh yang terbuat dari daging sapi beserta lemaknya yang hanya dibumbui cabai, bawang dan lengkuas.Meski resepnya sederhana, kuliner yang biasanya diolah pada saat hari meugang ini, jika diolah dengan benar bisa tahan hingga berbulan-bulan lho!

  1. Bubur Kanji Rumbi

Sejenis ie bu peudah yang sama-sama berupa bubur namun berbeda resep dan cara mengolahnya. Kuliner khas Ramadhan di Aceh ini terbuat dari beras dan berbagai rempah yang dimasak menjadi bubur. Uniknya, banyak masjid di Aceh membagikan bubur ini secara gratis pada saat bulan Ramadhan.



×

Bubur Kanji Rumbi ini memiliki rasa rempah yang kuat dan pekat. Terdapat dua cara pengolahan bubur kanji ini, yaitu dimasak dengan santan atau air saja. Meskipun berbeda cara pengolahannya namun keduanya memiliki rasa yang sama-sama enak.

  1. Lambai

Lambai merupakan lalapan khas Aceh yang diracik dengan 44 jenis dedaunan dan kelapa gongseng. Salah satu kuliner khas Ramadhan ini dibuat dari daun pegagan, cape, kenikir, dan berbagai dedaunan juga sayuran jenis lainnya.

Sajian kuliner ini sangat dinantikan oleh banyak masyarakat Aceh. Selain karena rasanya yang khas, kuliner ini dipercaya memiliki banyak khasiat, terutama bisa mengatasi masuk angin, dan memiliki nutrisi yang meningkatkan daya ingat.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm