Rencana Pemekaran Wilayah? Pemerintah Malang Siap Membangun Dua Daerah Otonom Baru sebagai Peringkat Kedua Terbesar di Jawa Timur, Wilayah Anda Termasuk?

Rencana Pemekaran Wilayah? Pemerintah Malang Siap Membangun Dua Daerah Otonom Baru sebagai Peringkat Kedua Terbesar di Jawa Timur, Wilayah Anda Termasuk?

Ilustrasi -Norrisskyia/pixabay-

Dengan dilakukannya pemekaran, diharapkan pemerintahan dan fasilitas publik dapat merespons kebutuhan masyarakat secara lebih cepat dan akurat.

Sketsa awal untuk pemekaran wilayah ini menggambar dua kawasan otonom baru yang semarak. Keduanya adalah Kabupaten Malang Utara dan Kabupaten Malang Selatan.



Malang Utara akan melibatkan 11 kecamatan, menjadikannya daerah yang hidup dan terpusat di sekitar Singosari. Di sisi lain, Malang Selatan akan muncul dengan 10 kecamatan, dan jantungnya akan berdetak di Kepanjen.

Baca juga: Nikmati Kesenangan Tak Tergantikan di 5 Destinasi Wisata Bukit Banjarbaru yang Instagramable, Raja Ampat Termasuk?

Ini adalah langkah yang bijak, karena kedua wilayah ini telah menunjukkan kemandiriannya. Tetapi, seperti pepatah mengatakan, tidak ada gading yang tak retak.



×

Isu lain muncul bahwa rencana menarik ini sempat ditekan, terutama karena kompleksitas nama ibukota Kabupaten Malang, yaitu Kepanjen.

Namun demikian, ada celah besar untuk merealisasikan langkah monumental ini. Dengan populasi yang mencapai 2,8 juta jiwa di tahun 2018.

Baca juga: Profil Keturunan Mantan Anggota Tentara KNIL yang Menggugat Lahan di Dago Elos dan Akibatnya, 330 KK Terpaksa Tinggalkan Bandung?

Suara warga Kabupaten Malang memiliki bobot besar dalam pembahasan ini. Ke depan, wacana menarik ini masih menjadi poin diskusi yang belum tuntas di meja Pemerintah Malang.

***

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm