Didasari Era Pra-sejarah! Ini Arti Singkatan Bengkulu dan Daftar 5 Nama Kabupaten dan Kota Punya Singkatan

Didasari Era Pra-sejarah! Ini Arti Singkatan Bengkulu dan Daftar 5 Nama Kabupaten dan Kota Punya Singkatan

Didasari Era Pra-sejarah! Ini Arti Singkatan Bengkulu dan Daftar 5 Nama Kabupaten dan Kota Punya Singkatan-winterseitler/pixabay-

Nama Singkatan 5 Kota dan Kabupaten di Bengkulu:

  • Kota Bengkulu

Daerah pertama yang berasal dari sebuah nama singkatan, di Bengkulu adalah Kota Bengkulu. Menurut informasi yang didapatkan, nama yang dimiliki daerah Bengkulu ini berasal dari kata Bangkulon, penasaran mengapa?

Perlu diketahui jika Bangkulon ini, merupakan susunan dari dua kata yang memiliki arti, seperti kata "bang" yang berarti pesisir, dan "kulon" yang artinya barat. Adapun dalam versi penamaan lainnya, yakni juga dibagi menjadi dua kata yakni "bangkai" dan "hulu" yang artinya bangkai di hulu.



Terciptanya Bengkulu atau juga dikenal dengan Bangkahulu, juga ada yang mentafsirkan jika Bengkulu berasal dari sebuah kalimat "Empang ka hulu!" yang berarti "Hadang mereka dan jangan biarkan mereka menginjakkan kaki di tanah kita".

Baca juga: Episode 285 Suami Pengganti Hari ini Selasa, 20 Desember 2022 di ANTV: Kapok! Justin Mendapatkan Tamparan Bertubi-Tubi dari Ariana dan Saka

Baca juga: Bukan Batu Malang, Ternyata Kota Terdingin di Indonesia Itu Disini Toh? Mirip Suasana Luar Negeri, Sayang Banget Kalau Kelewatan



×

Baca juga: Sambut Natal! Kunci Jawaban Shopee Tebak Kata Tantangan Harian, Hari Ini Selasa, 20 Desember 2022 - Gratis Ongkir Ekstra

  • Kabupaten Bengkulu Tengah

Selanjutnya yakni Bengkulu Tengah, yang sebelumnya adalah wilayah bagian dari Bengkulu Utara. Sampai masyarakat di sana mengajukan untuk membentuk kabupaten sendiri, untuk terpisah dari Bengkulu Utara.

Hal itu disahkan di Undang-Undang No. 24 tahun 2008, pada 21 Juli 2008 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) setelah melewati proses yang cukup panjang.

Penamaannya sama seperti sebelumnya, yakni juga dibagi menjadi dua kata yakni "bangkai" dan "hulu" yang artinya bangkai di hulu menjadi Bengkulu. 

Maksud dari kata tersebut adalah atas adnya peristiwa perang, dari kerajaan kecil yang ada di Bengkulu sampai banyak emmakan korban menjadi bangkai tepatnya di hulu, sungai Bengkulu.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm