Warga Manado Wajib Tau! Ini Daftar Nama Kota Kabupaten di Sulawesi Utara dari Singkatan, Cek Asal Usulnya

Warga Manado Wajib Tau! Ini Daftar Nama Kota Kabupaten di Sulawesi Utara dari Singkatan, Cek Asal Usulnya

Warga Manado Wajib Tau! Ini Daftar Nama Kota Kabupaten di Sulawesi Utara dari Singkatan, Cek Asal Usulnya-wirestock/freepik-

Daftar Nama Kota Kabupaten di Sulawesi Utara dari Singkatan:

  • Manado

Pertama yang akan dibahas adalah Ibu Kota, sekaligus kota terbesar yang ada di Sulawesi Utara, yakni Manado. Kalian warga Manado? Wajib simak artikel ini tentang kota kalian yang tentu memiliki keragaman hingga pesona yang khas apalagi tepi pantai.

Selain pesona yang menjadi daya tarik, pesona Manado juga ternyata menjadi salah satu dari asal muasal penamaan daerah Manado. Namun, hingga kini masih menjadi perdebatan karena tidak ada bukti secara fisik untuk sejarahnya.



Baca juga: Daftar Sekolah SMA/MA Terbaik di Jember yang Diakui Secara Nasional, Nomor 1 di Jember Jatim?

Baca juga: Donghua Throne of Seal Episode 34 Sub Indo - Download Nonton Offline Throne of Seal FULL Episode 1-34 Subtitle Indonesia WeTV

Baca juga: Janji Gak Ngik-Ngik, Wonogiri Sungkem Dulu! Ini 6 Plesetan Kota di Jawa Tengah, Antimainstream



×

Banyak yang menyampaikan penamaan Manado untuk versi lainnya, sebelumnya adalah Pogidon yang merupakan kata akronim dari opo Gidon yang berarti nama pemimpin (leluhur Bantik), dikenal sebagai yang membangun negeri Pogidon kala itu.

Penamaan kata Manado sendiri juga berasal dari bahasa daerahnya, yang mana penyebutan masing-masing berbeda. Juga bangsa Eropa yang menyebutnya sesuai bahasa mereka, bahkan kata juga hmpir pinah diwarisi oleh dokumen bangsa Eropa.

Namun, dalam dokumen tersebyt penamaan Manado ditemukan Simao d'Abreu yakni pelaut asal Portugis, di tahun 1523 karena dalam dokumen menyebutkan jika wilayah pulau ini telah berpenghuni sejak tahun 1339 silam.

Dalaam versi lainnya, penamaan Manado berasal dari dua kata bahasa Minahasa yakni 'Manarow' dan 'Manadou' berarti 'jauh'. Bahkan penyebutan juga hampur sama dengan bahasa dari Sangihe yakni 'Manaro' berarti dijauh juga negeri yang jauh.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm