Warga Manado Wajib Tau! Ini Daftar Nama Kota Kabupaten di Sulawesi Utara dari Singkatan, Cek Asal Usulnya

Warga Manado Wajib Tau! Ini Daftar Nama Kota Kabupaten di Sulawesi Utara dari Singkatan, Cek Asal Usulnya

Warga Manado Wajib Tau! Ini Daftar Nama Kota Kabupaten di Sulawesi Utara dari Singkatan, Cek Asal Usulnya-wirestock/freepik-

  • Minahasa

Selanjutnya untuk penamaan Minahasa, diketahui sebelumnya nama yang digunakan adalah Malesung. Kini, nama Minahasa dikenalkan oleh orang Belanda, tentang penyebutan tersebut muncul dalam sebuah laporan Residen J.D. Schierstein, pada 8 Oktober 1789.

Dalam laporan tersebut berisikan tentang isi perdamaian atas peristiwa yang dilakukan oleh kelompok sub-etnik Bantik, dengan Tombulu (Perang Tateli). Penamaan Minahasa, berasal dari kata yang berartikan menjadi satu, yakni MINAESA, MAHASA, MINHASA.



Baca juga: Rasa Enak Harga Merakyat! Rekomen 5 Tempat Sarapan Paling Terkenal di Solo Jawa Tengah, Bikin Ngiler Gak Bikin Kantong Kering, Cita Rasa Paripurna

Baca juga: Borong Diskon dan Super Lengkap! Bukan Surabaya, Ini 4 Mall di Banyuwangi Jangan Lupa Mampir

Baca juga: Kunci Jawaban Shopee Tebak Kata Tantangan Harian, Hari Ini Kamis, 22 Desember 2022 - Meriah Belanja Gratis Ongkir Spesial Natal!

  • Tomohon



×

Penjelasan penamaan yang terakhir adalah Tomohon, yang mana daerah ini sudah tercatat dalam catatan sejarah. Pemekaran wilayah dan berdiri sebagai kota Tomohon pada 27 Januari 2003, wilayah Tomohon sebelumnya adlah ibu kota Kecamatan di Kabupaten Minahasa.

Asal muasal dari Tomohon, dulunya adalah wilayah dengan hutan pegunungan yang asri, hingga memiliki sumber mata air. Hinga para penduduk mengenalnya dengan nama Tou Mu'ung, dimana terbagai menjadi dua kata yakni 'Tou' yang artinya orang, namun 'Mu'ung' belum diketahu arti pastinya.

Beberapa pendapat lainnya menjelaskan tentang Mu'ung memiliki arti sebagai nama seorang wanita tua, yang tinggal di sekitar sumber mata air. Di zaman ke zaman, penyebutan semakin berubah dari Tou Mu'ung menjadi Tomohon.

***

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm