Wow Sumatera Utara Miliki 6 Pelabuhan Terbesar, Ada Belawan hingga Kuala Tanjung, Mana Nih yang Paling Terbesar Nomor 1?

Wow Sumatera Utara Miliki 6 Pelabuhan Terbesar, Ada Belawan hingga Kuala Tanjung, Mana Nih yang Paling Terbesar Nomor 1?

Wow Sumatera Utara Miliki 6 Pelabuhan Terbesar, Ada Belawan hingga Kuala Tanjung, Mana Nih yang Paling Terbesar Nomor 1?- Tom /pixabay-

6 Pelabuhan ini dilansir dari kanal YouTube Anak Kampung:

1.Pelabuhan Belawan

Sejarah Pelabuhan Belawan tidak lepas dari masa lalu Kerajaan Delhi. Saat itu ada Bandar Labuhan Deli yang merupakan kota terbesar pada jamannya

Wilayah sungai Padang-Kalan menyebabkan relokasi Labuhandel ke Belawan. Peristiwa yang terjadi sekitar tahun 1915 itu juga yang mengawali transformasi pelabuhan di Medan menjadi salah satu pelabuhan terbesar di Sumatera Utara.



Selain itu, ada juga kapal Pelni yang kini juga digunakan sebagai pusat lalu lintas wisata.

Baca juga: Kumpulan Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Terbaru 2022, Agar Lolos Screening Perusahaan Idaman Para Jobseker Nih

Baca juga: Segera Meluncur, HP Flagship Samsung, Galaxy S23 Bocoran Tampilan Serta Spesifikasi dan Harga

2.Pelabuhan Kuala Tanjung



×

Pelabuhan ini merupakan pelabuhan baru di Sumatera Utara yang berlokasi di Kabupaten Batubara dan juga dikembangkan oleh pemerintah sejak tahun 2015.

Pelabuhan ini telah beroperasi sejak tahun 2019 secara resmi dibuka oleh pemerintah.

Kualatanjung merupakan pelabuhan 200 internasional di Indonesia bagian barat sebagai satu kesatuan terpadu.

Kualatanjung dimiliki oleh Pelindo 1 dan telah bekerja sama dengan beberapa negara dalam proyek pembangunan senilai 34 triliun.

Kualatanjung terdiri dari beberapa zona antara lain terminal multiguna, zona industri perumahan dan bongkar muat peti kemas.

Baca juga: 30 Ucapan Selamat Ulang Tahun Untuk Pacar, Sahabat dan Keluarga, Singkat dan Penuh Makna

Meski belum rampung dan resmi beroperasi, pelabuhan Kabupaten Batubara sudah diberi nama Kuala Tanjung kapal pesiar yaitu Kursi Libra yang akan bersaing dengan Tanjung Priok Jakarta saat Kuala Tanjung selesai dibangun.

3.Pelabuhan Sibolga

Pelabuhan Sibolga mulai beroperasi pada 2016 dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Maret 2019.

Maka kota Sibolga banyak dibicarakan, karena memiliki bangunan dan arsitektur terbaik.

Cek tiga lainnya ad apada halmaan berikutnya,

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm