Daftar 10 Kota Terbesar di Pulau Kalimantan, No 1 Bukan di Pontianak, Terbesar di Provinsi Kalimantan Timur

Daftar 10 Kota Terbesar di Pulau Kalimantan, No 1 Bukan di Pontianak, Terbesar di Provinsi Kalimantan Timur

Balikpapan--

Daftar Kota Terbesar di Pulau Kalimantan

Baca juga: Daftar Nama 11 Juri Indonesian Idol 2023 di RCTI Lengkap, Masih Ada Rossa hingga Anang, Full Team?

Baca juga: Daftar Harga Motor Yamaha Matic Naik hingga Ratusan Ribu di Awal Tahun 2023, Ada Gear hingga NMAX

1. Kota Samarinda



Kota Samarinda, yang terletak di Kalimantan Timur, Indonesia, merupakan kota terbesar di Pulau Kalimantan dengan jumlah penduduk 812,597 jiwa.

Wilayah seluas 718 km² ini memiliki kondisi geografi berbukit dengan ketinggian bervariasi dari 10 sampai 200 meter dari permukaan laut.

Samarinda dipisahkan oleh Sungai Mahakam dan menjadi jalur penting bagi akses ke pedalaman Kalimantan Timur dari jalur sungai, darat, dan udara.



×

Dengan luas wilayah yang hanya sebesar 0,56 persen dari luas Provinsi Kalimantan Timur, Kota Samarinda merupakan wilayah terkecil ketiga setelah Kota Bontang dan Kota Balikpapan.

Samarinda juga tertutup oleh Kabupaten Kutai Kartanegara. Selain itu, 27 sungai alam yang mengalir di dalam Kota Samarinda tersebar di beberapa Kecamatan dan Kelurahan.

Baca juga: Nonton Anime Ningen Fushin Episode 1 Subtitle Indonesia HD - Streaming Lengkap Ningen Fushin no Boukensha-tachi ga Sekai wo Sukuu You Desu

Baca juga: Ayah Lian Tolak Ilham jadi Calon Menantunya Sinopsis Panggilan Hari ini 3 Januari 2023 Episode 267 di Indosiar Lengkap dengan Streamingnya

Transportasi air tradisional seperti Tambangan dan Ketinting juga menjadi bagian dari kota ini sejak dahulu.

Bandar Udara Temindung (kode AAP) yang telah beroperasi sejak Rabu, 23 Mei 2018, kini telah dipindahkan ke Bandar Udara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto pada hari Kamis, 24 Mei 2018.

Waktu tempuh sekitar 1 jam untuk sampai ke Bandara Internasional APT Pranoto di Jl. Poros Samarinda-Bontang, Kelurahan Sungai Siring, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda. Bandara ini saat ini melayani penerbangan dari dan menuju beberapa kota besar di Indonesia.

Jumlah Penduduk Samarinda  : 883.838 jiwa (2015)

Provinsi : Kalimantan Timur (Kaltim)

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm