Daftar 10 Kota Terbesar di Pulau Kalimantan, No 1 Bukan di Pontianak, Terbesar di Provinsi Kalimantan Timur

Daftar 10 Kota Terbesar di Pulau Kalimantan, No 1 Bukan di Pontianak, Terbesar di Provinsi Kalimantan Timur

Balikpapan--

2. Kota Balikpapan

Kota Balikpapan, yang berada di urutan kedua dari kota terbesar di Kalimantan, adalah pusat bisnis dan industri terbesar di Kalimantan dengan total PDRB mencapai Rp79,65 triliun pada tahun 2016.

Kota ini merupakan kota terbesar kedua di Kalimantan Timur setelah Kota Samarinda, dengan total penduduk 645.727 pada tahun 2018. Dengan keberadaan Pelabuhan Semayang dan Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan merupakan gerbang utama menuju ibu kota Indonesia yang baru.



Kota ini berawal dari sebuah perkampungan nelayan di tepi Selat Makassar pada abad ke-19 dan pada 10 Februari 1897, tahun pengeboran sumur minyak pertama di Balikpapan, ditetapkan sebagai hari jadi Kota Balikpapan.

Pada tahun 1907, Bataafsche Petroleum Maatschappij (BPM) mendirikan kantor di kota ini, diikuti oleh masuknya investasi dari berbagai perusahaan multinasional. Ini menyebabkan tumbuhnya perekonomian Balikpapan, yang juga memicu peningkatan jumlah penduduk.

Di awal Juni 2014, jumlah penduduk mencapai 684.339 jiwa dengan jumlah pendatang selama tahun 2012 sebanyak 21.486 jiwa yang merupakan jumlah tertinggi selama tiga tahun terakhir.



×

Dengan perekonomian yang tumbuh pesat dan berbagai kemudahan yang disediakan, Balikpapan telah menjadi kota multi-etnis yang layak huni.

Jumlah Penduduk : 736.807 jiwa (2015)

Provinsi : Kalimantan Timur (Kaltim)

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm