Daftar 10 Kota Terbesar di Pulau Kalimantan, No 1 Bukan di Pontianak, Terbesar di Provinsi Kalimantan Timur

Daftar 10 Kota Terbesar di Pulau Kalimantan, No 1 Bukan di Pontianak, Terbesar di Provinsi Kalimantan Timur

Balikpapan--

3. Kota Banjarmasin

Kota Banjarmasin, yang dikenal dengan julukan Kota Seribu Sungai, merupakan salah satu kota di provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia.

Berdasarkan data BPS, Kota Banjarmasin memiliki wilayah seluas 98,46 km² dan penduduk sebanyak 700.870 jiwa dengan kepadatan 7.118,32 jiwa per km².



Wilayah metropolitan Banjarmasin yaitu Banjar Bakula memiliki penduduk sekitar 1,9 juta jiwa.

Kota Banjarmasin terletak di tepian timur Sungai Barito dan dibelah oleh Sungai Martapura yang berhulu di Pegunungan Meratus, dan membuatnya memiliki lokasi yang nyaris di tengah-tengah Indonesia.

Kota ini terdiri dari sekitar 25 buah pulau kecil (delta) yang dipisahkan oleh sungai-sungai di antaranya Pulau Tatas, Pulau Kelayan, Pulau Rantauan Keliling, Pulau Insan dan lain-lain.



×

Kota Banjarmasin ini dipengaruhi oleh pasang surut air laut Jawa, sehingga berpengaruh kepada drainase kota dan memberikan ciri khas tersendiri terhadap kehidupan masyarakat, terutama pemanfaatan sungai sebagai salah satu prasarana transportasi air, pariwisata, perikanan dan perdagangan.

Hal ini menjadikan Kota Banjarmasin sebagai Kota terbesar ketiga di Kalimantan. Islam adalah agama mayoritas yang dianut sekitar 95.54% masyarakat Kota Banjarmasin.

Agama Islam memberi pengaruh kuat pada kebudayaan masyarakat Banjar.

Perkembangan Islam di tanah Banjar dimulai seiring dengan sejarah pembentukan entitas Banjar itu sendiri.

Jumlah Penduduk : 666.223 jiwa (2014)

Provinsi : Kalimantan Selatan (Kalsel)

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm