Cuma Wacana atau Tidak? Berikut Daerah Jawa Tengah Dinilai Terlalu Luas, Muncul 5 Usulan Kabupaten Baru

Cuma Wacana atau Tidak? Berikut Daerah Jawa Tengah Dinilai Terlalu Luas, Muncul 5 Usulan Kabupaten Baru

Terlalu Luas? Wacana Pemekaran BANYUWANGI Jadi? Cek Rincian Kabupaten dan Daerah Baru dari Pemekaran Banyuwangi-vectorpocket/freepik-

Usulan Calon Kabupaten Baru di Jawa Tengah:

1. Kabupaten Banyumas

Menjadi salah satu dari beberapa yang memberi usul tentang pemekaran kabupaten baru di Jawa Tengah, adalah Kabupaten Banyumas. Dimana luasnya saat in adalah 1.335,39 km persegi dan dinilai terlalu luas, usulannya meliputi pembagian 3 kabupaten baru yakni Banyumas Barat, Banyumas Timur, dan Kota Purwokerto.

2. Kabupaten Semarang

Selainjutnya usulan pemekaran di Ibukota Kabupaten Semarang, karena pusatnya 'Ungaran' berada di pinggiran bukan pusat. Menimbulkan usulan bahwa Kabupaten Semarang harus dipecah menjadi kabupaten baru yang kemudian digabung dengan beberapa daerah yang ada di Salatiga.



Baca juga: Nonton Alchemy of Souls 2: Light and Shadow Episode 10 Terakhir SUB Indo: Perpisahan Naksu dan Jang Uk - Tayang Hari Ini Minggu, 8 Januari 2023 di tvN Bukan Drakorid

Baca juga: Terungkap Pemicu Natasha Wilona Hengkang dari Sinetron Aura SCTV Serta Digantikan Sandrinna Michelle, Benarkah Pilih Projek Series Berjudul Diva?

Baca juga: Weekend! Berikut PROMO KFC Attack Hari Ini Minggu, 8 Januari 2023, Dapatkan 4 Pilihan Menu Cuma Rp 18 Ribu Doang



×

Dengan daerah yang diusulkan menjadi kabupaten baru di antaranya adalah Tengaran, Suruh, Susukan, Kaliwungu, Getasan, Tuntang, Bancak dan Bringin. Menjadi kabar mengejutkan karena selain Surakarta, Semarang menjadi salah satu pusat budaya dari Jawa Tengah.

3. Kabupaten Cilacap

Kerap terjadi sebuah wacana pemekaran wilayah di Kabupaten Cilacap, di saat adanya pemilihan dari kepala daerah di sana. Menjadi kabupaten sendiri dari Cilacap bagian barat, selalu menjadi usulan saat momen tersebut.

Di usulkan untuk membentuk Kabupaten Cilacap Barat dengan wilayah yang meliputi Majenang, Dayeuhluhur, Wanareja, Sidareja, Kedungreja, Cimanggu, Patimuan, Cipari, Karangpucung, dan Gandrungmangu, tetapi masih jadi wacana.

***

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm