Jawa Timur Dinilai Gendut, PONOROGO Akan Dimekarkan dan Paisah dari Jatim?

Jawa Timur Dinilai Gendut, PONOROGO Akan Dimekarkan dan Paisah dari Jatim?

Jawa Timur Dinilai Gendut, PONOROGO Akan Dimekarkan dan Paisah dari Jatim?-Kanenori/pixabay-

Terlepas dari itu, memperluas Ponorogo bukan lagi menjadi wacana lagi. Karena proses pemekaran wilayah di masa lalu sudah panjang dan hampir selesai.

Pemekaran Ponorogo sudah dibicarakan sejak 2018. Saat itu, Wakil bupati pada masanya yaitu, Soedjarno membahas pembentukan Kecamatan baru bernama Kecamatan Joyo.



Beberapa desa di Kecamatan Slahung dan Balong akan dimekarkan dan masuk ke dalam Kecamatan Joyo.

Namun pada tahun 2020, pembahasan tentang pembentukan kabupaten baru berubah.

Menurut Ponorogo.go.id, Ponorogo akhirnya akan dimekarkan dengan terbentuknya dua kabupaten baru yakni kabupaten Sumberejo dan Kota Lama.



×

Hingga pemerintah daerah telah menyiapkan dana Rp2,7 miliar untuk membangun gedung perkantoran baru di kecamatan agar Ponorogo bisa dimekarkan.

Baca juga: Spesifikasi Iphone 15 dan Bocoran harga, Jadi Kapan Meluncur? Keunggulan Prosesor & Chip, Kamera hingga USB tipe C & Kecepatan Transfer Data

Baca juga: Link Baca Miniamaru Kareshi Manga Sub Indo Bukan di Batoto, Kemampuan Iroha Aoyagi Menghadapi Kelakuan Dingin Kusakabe

Baca juga: Baca Miniamaru Kareshi Manga Full Chapter Sub Indo Bukan di Komikindo, Mampukah Iroha Aoyagi Merubah Hidup dan Kisah Cintanya?

Selain itu, pada tahun 2021, Kementerian Dalam Negeri memberikan persetujuan tertulis atas pemekaran kabupaten Ponorogo ini.

Namun, ada satu prosedur lagi yang harus diikuti, yaitu mengenai izin tertulis dari Kementerian Dalam Negeri harus diterima oleh subdepartemen.

Kemudian, pada tahun yang sama, pembentukan dua kecamatan baru di Ponorogo itu terpaksa dihentikan. Pasalnya, Pemkab Ponorogo harus memprioritaskan anggaran untuk melawan Covid-19 ketimbang memperluas wilayah Ponorogo.

Demikianlah pembahasan di atas menjawab pertanyaan apakah Ponorogo terpisah dari Jawa Timur setelah pemekarannya. Kota Reyog tidak lepas dari Jawa Timur karena yang dimekarkan adalah Kecamatannya.***

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm