Jawa Timur KEREN! Kabupaten Ini Jadi Penghasil Emas Paling Besar Saingan Papua dan Mimika!

Jawa Timur KEREN! Kabupaten Ini Jadi Penghasil Emas Paling Besar Saingan Papua dan Mimika!

Kabupaten Ponorogo Punya Ladang Emas Kalahkan Papua Dimana Lokasinya? Digadang-Gadang Lebih Besar dari Mimika-nettetal1/PIXABAY-

SITNAS.id – Jawa Timur KEREN! Kabupaten Ini Jadi Penghasil Emas Paling Besar Saingan Papua dan Mimika!

Emas adalah logam mulia yang lunak dan mudah ditempa yang banyak digunakan sebagai perhiasan atau barang berharga.



Selain itu, emas merupakan sarana investasi yang populer dan dapat diandalkan dari waktu ke waktu.

Baca juga: Nonton Donghua The Swallowed Star Season 2 Episode 47 Terbaru SUB Indo, STREAMING WeTV Original Bukan Anixlife Telegram

Baca juga: Inilah 3 Mall di Kudus yang Paling Populer dan Terbesar, Warga Kudus Bisa Tebak Mall Mana Saja?



×

Baca juga: Daerah Penghasil Apel di Malang Ada Dimana? Simak Daerah Pernghasil Apel di Malang, Karang Ploso dan Pujon Ternyata Urutan Sekian

Sebagai aset, aset ini juga merupakan sarana investasi yang dapat melindungi nilai kekayaan karena nilainya biasanya lebih tinggi daripada logam mulia lainnya.

Walaupun hingga saat ini, Papua merupakan daerah penghasil emas terbesar di Indonesia. Namun justru Jawa Timur juga masuk dalam daftar lima besar daerah penghasil emas, nyaris bersaing dengan Papua.

Memang tak disangka-sangka bahwa di Jawa Timur juga terdapat daerah penghasil emas terbesar nomor 5 hingga saingi Papua.

Daerah itu mendadak menjadi satu-satunya kabupaten administratif yang menjadi ibu kota Jawa Timur dengan kandungan emasnya yang kaya.

Dilansir dari berbagai sumber sebagai daerah penghasil emas terbesar di Jawa Timur. Dipastikan total produksi emas Indonesia akan meningkat pesat menjadi 100,9 ton pada tahun 2022.

Sebagian besar produksi emas berasal dari tambang Grasberg di wilayah Mimika, Papua.

Pasalnya, Papua hingga saat ini masih menjadi provinsi yang produktif sekaligus penghasil emas terbesar di Indonesia. Kabupaten Mimika merupakan pusat pertambangan emas Papua.

Baca juga: Sunyi Banget? Inilah 5 Daerah Tersepi di Kabupaten Cilacap Jateng, Jangan-Jangan Salah Ada Daerah Rumahmu?

Baca juga: 4 Mall Terbesar di Jombang Jawa Timur, Warga jombang Ada Yang Tahu Gak Nih Mall Mana Saja Hayo?

Baca juga: Momen Bahagia Bule AS Bertemu Pengasuhnya di Jombang, Melepas Rindu Berat Usai Satu Dekade Hilang Kontak

Tambang emas Kabupaten Mimika di Papua menghasilkan 240 kg emas murni per hari. Jawa Timur mencatatkan nama Kabupaten Banyuwangi sebagai salah satu dari lima besar penghasil emas di Indonesia.

Penasaran? cek pada halaman berikutnya, daerah mana yang menjadi penghasil emas terbanyak nomor 5 saingi Papua yang berasal dari Jawa Timur.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm