Deretan Nama Desa Unik di Nganjuk JAWA TIMUR Ternyata Bahasanya Jowo Banget, Ada Kemlokolegi dan Mlandangan

Deretan Nama Desa Unik di Nganjuk JAWA TIMUR Ternyata Bahasanya Jowo Banget, Ada Kemlokolegi dan Mlandangan

Deretan Nama Desa Unik di Nganjuk Jowo Banget, Ada Kemlokolegi dan Mlandangan - Mampir biar Fasih-MiraCosic/pixabay-

Deretan Nama Desa Unik Pakai Bahasa Jawa

  1. Desa Jekek

Menurut cerita dari sesepuh desa awal mulai berdirinya Desa Jekek adalah sewaktu pada zaman penjajahan Belanda sekitar tahun 1948, terjadi pertempuran antara tentara Indonesia dengan tentara Belanda, dalam pertempuran tersebut tentara Belanda berdatangan dari arah tenggara, tepatnya dari Desa Kemlokolegi.

Dalam pertempuran tersebut ada salah satu tentara Belanda yang terkena tembakan, dan menjadi tawanan tentara Indonesia, lalu tentara Belanda tersebut di cekek dan iyek-iyek/ di injak-injak, maka lama kelamaan tempat dimana tentara Belanda tersebut diiyek-iyek dan dicekek dinamakan “JEKEK”.

  1. Desa Kemlokolegi


Kemloko adalah nama sebuah jenis pohon yang berada di sekitar calon desa ini dulunya. Desa yang terletak di Kecamatan Baron ini dinamakan demikian karena dahulu sesepuh desa membuka daerah ini dan menemukan pohon kemloko di sebuah punden.

Saat mencoba buahnya pohon kemloko yang manis atau Bahasa Jawanya legi, sesepuh berinisiatif menamakan desa yang dibukanya dengan nama Kemlokolegi yang artinya pohon kemloko dengan buah yang manis.

Namun ada versi lain juga yang mengatakan bahwa nama Kemlokolegi diambil dari perilaku para pemimpin desa yang selalu taat dan patuh kepada atasannya, sehingga dinamakan "Kemlokolegi". Uniknya desa ini tercatat telah memiliki lurah pertama kali pada tahun 1915 dengan nama Mbah Tengul. Lama sekali berarti ya desa ini telah dihuni para penduduknya.



×

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm