Dusun Taman Klorakan! Sebuah Permata di Kabupaten Bondowoso yang Tersembunyi di Gunung Argopuro, Sebenarnya Bermata Pencarian Apa?

Dusun Taman Klorakan! Sebuah Permata di Kabupaten Bondowoso yang Tersembunyi di Gunung Argopuro, Sebenarnya Bermata Pencarian Apa?

Ilustrasi kota sejuk di kaki gunung-Pfüderi/pixabay-

Nama tempat ini adalah Dusun Taman Klorakan, meskipun lebih umum dikenal sebagai "kampung Jawa" oleh masyarakat sekitar.

Bahasa Jawa berkumandang di kampung ini, membedakannya dari mayoritas penduduk Madura yang tinggal di pedesaan sekitar.



Sejarah kampung ini pun terjalin dari jejak-jejak perantauan para pendahulu, yang merantau hingga wilayah ini pada tahun 1973, kemudian memilih untuk menetap dan membentuk komunitas unik ini.

Baca juga: Nonton JUJUTSU KAISEN Season 2 Episode 6: Masuk ke Shibuya Arc! Tayang Kembali Kamis, 31 Agustus 2023

Baca juga: TELAH TAYANG! Anime The Devil is a Part-Timer!! Season 2 Part 2 Episode 17 Sub Indo: Sadao dalam Masalah



×

Baca juga: STREAMING YUK! Nonton The Devil is a Part-Timer Season 2 Episode 17 Subtitle Indonesia Full Selain Samehadaku

Ternyata, mayoritas warga kampung Jawa berasal dari kabupaten Jember dan Kabupaten Banyuwangi, memberikan warna tersendiri pada budaya dan tradisi di kampung terpencil ini.

Meskipun jumlah rumah di kampung ini hanya sepuluh, jumlah penduduknya mencapai sekitar 25 orang. Mereka hidup di ketinggian, meniti mata pencaharian utama sebagai penyadap getah pinus, dan menggeluti berbagai kegiatan seperti pertanian kopi, budidaya madu alam, peternakan, serta berkebun.

Walau hidup di atas lereng gunung dan terpencil, kampung ini telah tersentuh oleh arus listrik. Sayangnya, distribusi listrik masih memerlukan perjalanan panjang, menghubungkan kampung ini dengan sumber listrik yang berjarak cukup jauh.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm