EITS Bukan Sekedar Singkat! Ini Nama 5 Kota dan Kabupaten di Bengkulu, Ada Singkatannya Loh

EITS Bukan Sekedar Singkat! Ini Nama 5 Kota dan Kabupaten di Bengkulu, Ada Singkatannya Loh

EITS Bukan Sekedar Singkat! Ini Nama 5 Kota dan Kabupaten di Bengkulu, Ada Singkatannya Loh-bangrey/pixabay-

  • Kabupaten Bengkulu Utara

Pemerintahan Kabupaten Dalam Lingkungan Provinsi di Kotamadya Bengkulu Sumatera Selatan, menjadi dasar dari UU Darurat No. 4 Tahun 1956, atas pembentukan dari Kabupaten Bengkulu Utara. Banyak pemekaran yang terjadi, hingga wilayah ini memiliki kabupaten yang semakin bertambah.

Awalnya Bengkulu Utara memiliki sebanyak 9 kecamatan, 24 marga, dan 296 desa. Tidak berhenti sampai di situ, Bengkulu Juga selanjutnya berubah menjadi dua wilayah yakni Bengkulu Utara sendiri, dan berdiri Kabupaten Mukomuko. Selanjutnya juga menjadi Kabupaten Bengkulu Utara dengan Bengkulu Tengah.



Baca juga: 5 Nama Kabupaten dan Kota di Jawa Barat Ini Berasal dari Singkatan, Ciamis dan Tasikmalaya Kepanjangannya Apa?

  • Kabupaten Bengkulu Selatan

Nama kota dan kabupaten dari singkata selanjutnya adalah di Bengkulu Selatan, dimana versi penyebutan dari Bengkulu adalah 'Benkoelen' atau 'Bengkuelen', dalam bahasa Belanda. Kemudian, adapun 'Bangkahulu' dari bahasa Melayu, kemudian 'Bencoolen' di bahasa Inggris.

"Bang" berarti pesisir dan "kulon" berarti barat, yang kemudian berubah menjadi kulu. Versi Inggris, didasarkan dari nama bukit di Cullen, Skotlandia yakni Bin of Cullen namun versi ini masih abu-abu.



×

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm